Ingin Jadi 'Sahabat' Israel, Kecaman Kepada Uni Emirat Arab Terus Mengalir Deras

- 14 Agustus 2020, 17:51 WIB
Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nayhan.
Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nayhan. /


GALAMEDIA - Iran mengecam keras kesepakatan damai antara Israel dan Uni Emirat Arab. Iran menganggap perjanjian damai itu sebagai tindakan bodoh yang hanya akan memperkuat poros perlawanan.
 
"Rakyat di Palestina tertindas dan semua negara bebas di dunia tidak akan pernah memaafkan normalisasi hubungan dengan rezim kriminal penjajah Israel dan keterlibatannya dalam kejahatan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran, Jumat 14 Agustus 2020.

Teheran mengatakan pemerintah Emirat dan negara-negara lain yang menyertainya harus menerima tanggung jawab atas semua konsekuensi dari perjanjian tersebut.

Otoritas Palestina (PA) pun meminta Uni Emirat Arab untuk "segera mencabut" perjanjiannya untuk mengambil langkah-langkah menuju normalisasi hubungan dengan Israel, yang disebutnya sebagai "keputusan yang tercela."

Baca Juga: Penutupan Gedung Sate Diperpanjang 14 Hari ke Depan, Karyawan Kembali WFH

Presiden PA Mahmoud Abbas mengadakan pertemuan darurat sebagai tanggapan atas kesepakatan tersebut, sementara PA memanggil duta besarnya untuk UEA sebagai protes atas kesepakatan tersebut.

"Pimpinan Palestina menolak tindakan pemerintah Emirat, menganggap itu pengkhianatan terhadap rakyat Palestina dan Yerusalem dan al-Aqsa," kata juru bicara PA Nabil Abu Rudeineh dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di TV Palestina.

Abu Rudeineh menuduh Emirates "melakukan normalisasi (dengan Israel) dengan kedok mendukung perjuangan Palestina."

Abu Dhabi telah berusaha untuk menggambarkan aksinya sebagai yang pertama dan terutama menguntungkan rakyat Palestina, karena menunda dan mungkin membatalkan rencana Israel untuk mencaplok sebagian Tepi Barat.

Baca Juga: Malaysia Masuk Jurang Resesi, Bagaimana Nasib Ekonomi Indonesia?

"Pimpinan menegaskan bahwa UEA, atau pihak lain, tidak memiliki hak untuk berbicara atas nama rakyat Palestina, dan tidak mengizinkan siapa pun untuk campur tangan dalam urusan Palestina atau berbicara atas nama mereka tentang hak-hak sah mereka di tanah air mereka," Kata Abu Rudeineh.

Abu Rudeineh mengatakan bahwa Otoritas Palestina menuntut pertemuan darurat Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam untuk mengecam kesepakatan tersebut.

Kepala politik Abbas dan Hamas Ismail Haniyeh berbicara melalui telepon Kamis malam untuk membahas perjanjian UEA-Israel.

Otoritas Palestina juga memanggil duta besarnya untuk UEA sebagai protes atas perjanjian tersebut, Menteri Luar Negeri PA Riad al-Maliki mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Bawa Bom Molotov, Dua Anggota Anarko Vandalis Diciduk Polisi Saat Ikut Demo RUU Cipta Kerja

Israel dan Uni Emirat Arab mengumumkan kesepakatan itu Kamis sore. Mereka "menyetujui normalisasi penuh hubungan antara Israel dan Uni Emirat Arab," kata mereka dalam pernyataan bersama.

“Sebagai hasil dari terobosan diplomatik ini, dan atas permintaan Presiden Trump dengan dukungan dari Uni Emirat Arab, Israel akan menangguhkan deklarasi kedaulatan atas wilayah yang diuraikan dalam Visi Presiden untuk Perdamaian dan memfokuskan upayanya sekarang pada perluasan hubungan dengan negara lain di dunia Arab dan Muslim. "

Para pejabat UEA mengomentari kesepakatan untuk "menetapkan peta jalan menuju peluncuran kerja sama bersama," seperti yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri UEA Anwar Gargash, menekankan bahwa itu akan mengakhiri aneksasi Israel dan menghidupkan kembali proses perdamaian.

Pejabat senior Fatah dan Organisasi Pembebasan Palestina dengan cepat mengeluarkan pernyataan yang mengutuk perjanjian tersebut.

Baca Juga: Diprediksi Tembus 200 Ribu di September, Hari Ini Pasien Positif Covid-19 Bertambah 2.307 Orang

"Israel mendapat imbalan karena tidak menyatakan secara terbuka apa yang telah dilakukannya terhadap Palestina secara ilegal dan terus-menerus sejak awal pendudukan," kata Anggota Komite Eksekutif PLO Hanan Ashrawi, yang juga menyebut kesepakatan itu pengkhianatan.

Sekretaris Jenderal Fatah Jibril Rajoub mengatakan kesepakatan normalisasi itu tidak mengherankan. Hubungan antara Israel dan negara-negara Teluk telah terbukti selama beberapa waktu, ujar Rajoub.

"Sekarang rawa telah mengering dan semua orang telanjang," kata Rajoub meremehkan di TV Palestina.

Kelompok teror Palestina Hamas dan Jihad Islam juga mengecam perjanjian tersebut, yang dimediasi oleh Amerika Serikat.

Perjanjian antara Israel dan Uni Emirat Arab yang diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis 13 Agustus 2020, merupakan kesepakatan ketiga yang dicapai Israel dengan negara Arab.
 
Dalam perjanjian itu, Israel berjanji menangguhkan aneksasi (pencaplokan) tanah Palestina. Namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menekankan mereka tidak melupakan rencana untuk mencaplok Lembah Yordania dan permukiman Yahudi di seluruh Tepi Barat yang diduduki.

Baca Juga: 167.653 Peserta Lolos SBMPTN, yang Seleksi Harap Perhatikan Prosedur Pendaftaran
 
Bagi AS, membangun hubungan diplomatik antara Israel dan sekutu Washington di Timur Tengah telah menjadi inti dari strategi regional Trump untuk menahan Iran.
 
Sebelumnya pada Kamis 13 Agustus 2020, Israel dikabarkan setuju untuk menghentikan lebih jauh upaya aneksasi wilayah Palestina. Komitmen tersebut tertuang di bawah perjanjian perdamaian antara Israel, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.

"Selama pertemuan dengan Presiden Trump dan Perdana Menteri Netanyahu, kesepakatan dicapai untuk menghentikan aneksasi Israel lebih lanjut atas wilayah Palestina," tulis Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nayhan dalam pertemuan tersebut, dicuitkan melalui akun Twitter, Kamis 13 Agustus 2020.

Trump mengatakan perjanjian damai antara tiga negara menandai "hari bersejarah" tentang upaya perdamaian di Timur Tengah. Hal tersebut juga diakui PM Israel, Benjamin Netanyatahu.

Baca Juga: Penemuan Bayi yang Tewas di Cileunyi, Apakah Terbakar atau Dibakar?

Trump, dalam pengumumannya mengatakan pada Kamis Israel dan Uni Emirat Arab telah mencapai kesepakatan damai. "Normalisasi hubungan antara UEA dan Israel adalah "terobosan besar"," cuit Trump.

Iran memang musuh bebuyutan Israel dan kerap saling mengancam untuk menyerang.

Beberapa waktu lalu Netanyahu juga kembali menegaskan dukungannya terhadap Donald Trump karena menarik AS keluar dari pakta nuklir dengan Iran. Menurut dia, perjanjian nuklir itu memungkinkan Iran mengancam hidup Israel secara langsung.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x