Di Ulang Tahun Ke-7, Telkom University Terus Berkontribusi untuk Kemajuan Bangsa

- 14 Agustus 2020, 17:58 WIB
Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya saat memberikan sambutan pada acara ulang tahun Tel-U ke-17 dengan tema Strengthening The Economic Revival Trought Digital Innovation Towards Indonesia Meju, melalui aplikasi meeting zoom, Jumat 14 Agustus 2020. /

GALAMEDIA - Berawal dari cita-cita luhur Cacuk Sudarijanto yang berkeinginan membawa PT Telkom Indonesia menjadi perusahaan yang harus mampu memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) membawa Cacuk Sudarijanto mendirikan Institusi Pendidikan bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) dan MBA Bandung pada 28 September 1990 yang merupakan cikal bakal berdirinya Telkom University.

Dalam perjalanannya MBA Bandung dan STT Telkom telah mengalami proses transformasi. Dimulai dari MBA Bandung yang telah bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) yang sejalan dengan peraturan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk memberikan identitas yang lebih kuat pada bidang keilmuan manajemen bisnis dan telekomunikasi, pada 2006 STMB berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom), kemudian sebagai sebuah eksistensi yang semakin kuat mendorong STMB Telkom bertransformasi menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada 2008.

Sama halnya dengan MBA Bandung, dalam perjalanannya STT Telkom juga mengalami beberapa perubahan. STT Telkom merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan program studi pada bidang Information and Communication Technologies (ICT).

Kemudian STT Telkom berubah menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada 2008. IT Telkom merupakan sebuah Langkah awal menuju World Class University dan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi bahkan dapat menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang ICT yang terampil dan berwawasan bisnis serta sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri ICT yang begitu pesat.

Pada 2007, atas inisiasi kerjasama NTC (National Institute of Information Technology, India & Telkom Centre) dan Program Profesional STT Telkom membentuk sebuah lembaga Pendidikan vokasi yang berkualitas yang dinamakan Politeknik Telkom.

Politeknik Telkom hadir dengan membawa misi untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dengan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan memiliki kemampuan berkompetisi secara global.

Disamping itu, untuk melengkapi bidang keilmuan lainnya selain IT dan Manajemen, Yayasan Pendidikan Telkom juga menghadirkan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) yang telah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI).

STISI Telkom bergabung menjadi bagian dari salah satu Institusi Pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom pada tahun 2010. Awal mula STISI bergabung dengan diinisiasi kerjasama antara STISI dan juga Telkom Profesional Development Center (Telkom PDC).

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X