Pramuka Ikut Berperan Tanggulangi Pandemi Covid-19

- 14 Agustus 2020, 18:40 WIB
Peringatan Hari Pramuka di Taman Pramuka, Jalan L.L.R.E. Martadinata, Jumat 14 Agustus 2020. (Foto: Humas Kota Bandung) /

GALAMEDIA - Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Kwarcab dan Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Kota Bandung, Oded M. Danial berharap momentum peringatan Hari Pramuka Tahun 2020 menjadi pemicu bagi para anggota untuk berperan aktif memberikan manfaat bagi masyarakat.

Terlebih dalam masa pandemi Covid-19, anggota para bisa lebih intensif melakukan beragam kegiatan untuk mencegah dan menanggulanginya.

“Sebagaimana disampaikan oleh pembina nasional bahwa hari ulang tahun ke-59 Pramuka ini kita harus bersama-sama masyarakat dalam menanggulangi covid-19. Di Kota Bandung, alhamdulillah sudah banyak kegiatan terkait penanganan wabah Covid-19 dan kegiatan lainnya,” ujar Oded usai memimpin upacara peringatan Hari Pramuka di Taman Pramuka, Jalan L.L.R.E. Martadinata, Jumat 14 Agustus 2020.

Sementara Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bandung, Eddy Marwoto mengatakan,  Kwarcab Kota Bandung langsung bergerak sejak pandemi Covid-19 melanda.

Di antaranya, membagikan Alat Pelindung Diri (APD) paling sederhana berupa masker dan handsanitizer. Selain itu, juga turut melakukan penyemprotan disinfektan di beragam tempat publik seperti rumah ibadah, pasar, terminal, stasiun dan sekolah serta membagikan bantuan pangan.

“Kita sebelumnya sudah bergerak untuk penanganan Covid-19 ini dengan pembinaan dan edukasi. Mulai dari internal kita yang terdapat di 1.166 basis dengan jumlah anggota sekitar 40 ribu orang,” kata Eddy.

Terkait peringatan Hari Pramuka, Eddy mengaku, upacara dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ini juga meenjadi menjadi kegiatan upacara pertama kalinya yang digelar oleh Kwarcab selama masa pandemi Covid-19 ini. Sementara kegiatan pemberian materi kepramukaan tetap rutin digelar secara virtual.

"Walau kegiatan ke lapangan minim, tapi kegiatan virtual untuk memberikan materi kepramukaan kita selalu lakukan melalui webinar. Kemudian kita juga dokumentasikan materi kepramukaan dan diunggah di youtube, walaupun susah karena harus langsung praktek dan ketemu langsung tapi kita coba tetap berikan materi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X