Tak Hanya Palestina, Sejumlah Menteri dan Tokoh Sayap Kanan Israel Pun Kecam Kesepakatan dengan UEA

- 15 Agustus 2020, 00:22 WIB
Aneksasi Tepi Barat.
Aneksasi Tepi Barat. /

GALAMEDIA - Kesepakatan damai dengan Uni Emirat Arab (UEA) pun ternyata mendapat kritikan pedas dari politisi sayap kanan Israel. Pasalnya, kesepakatan itu menggiring penundaan aneksasi (pencaplokan) lahan di Tepi Barat.

Terkait hal itu, dua tokoh sayap kanan Israel menyatakan sudah saatnya Benjamin Netanyahu untuk meninggalkan panggung (mengundurkan diri) dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Israel.

David Elhayani, ketua dewan payung walikota pemukiman Yesha, mengatakan kepada radio Kan Bet, "Perdana menteri telah kehilangannya. Dia telah menyesatkan kami untuk waktu yang lama."

Dia mengatakan jika Netanyahu benar-benar menyerah pada rencana untuk menerapkan kedaulatan Israel ke permukiman, "Netanyahu perlu diganti."

Sementara itu, MK Bezalel Smotrich dari partai nasional keagamaan Yamina mengatakan sudah waktunya untuk "menghadirkan kepemimpinan alternatif dari Netanyahu."

Netanyahu Kamis bersikeras bahwa rencananya untuk menerapkan kedaulatan Israel ke sekitar 30 persen Tepi Barat, meliputi permukiman dan Lembah Jordan, telah "dihentikan sementara" atas permintaan Presiden AS Donald Trump.

Dilansir Time of Israel Jumat 14 Agustus 2020, Menteri Urusan Permukiman Tzachi Hanegbi mengatakan kepada Radio Angkatan Darat Israel mengaku belum melepas rencana aneksasi Tepi Barat. "Itu (penghentian aneksasi) hanya sementara. Tentu itu akan terjadi".

Menteri Kesehatan Yuli Edelstein mengatakan pencaplokan "tidak kalah pentingnya bagi rakyat Israel" daripada kesepakatan dengan UEA.

Menteri Energi Yuval Steinitz pun mengatakan kepada Kan Bet bahwa dia memahami kekecewaan yang dirasakan oleh beberapa orang, tetapi berpendapat bahwa aneksasi "tidak akan dibatalkan" dan menegaskan bahwa perjanjian dengan Abu Dhabi "akan melayani Israel selama beberapa generasi."

Smotrich, yang hingga saat ini menjabat sebagai menteri transportasi di bawah Netanyahu, mengakui dalam postingan Facebook bahwa perdana menteri adalah "seorang pesulap" - julukan yang banyak digunakan oleh pendukung perdana menteri, serta analis politik, telah melekat padanya selama bertahun-tahun. Namun, tambahnya, bakat utama pesulap adalah "penipuan", dan Netanyahu telah berulang kali menipu sayap kanan negara.

“Netanyahu telah menipu pemilih sayap kanan selama bertahun-tahun dengan sukses besar. Dia adalah merek terkuat yang tepat, meskipun sebenarnya dia sangat jauh dari pemberlakuan ideologi sayap kanan, di hampir setiap area,” kata Smotrich.

Mengabaikan janji yang sebelumnya dia buat untuk mencaplok wilayah Tepi Barat, lanjut Smotich, perdana menteri malah setuju untuk menormalkan hubungan yang sebenarnya sudah dekat selama bertahun-tahun.

Smotrich menyatakan Netanyahu telah menyebabkan kerusakan yang lebih besar dengan menyetujui kesepakatan, melalui pembicaraan aneksasi.

Untuk memerangi bahaya negara Palestina, kata Smotrich, harus “segera menghadirkan kepemimpinan alternatif dari Netanyahu.

Beberapa aksi protes sporadis sayap kanan terhadap Netanyahu pada Jumat terjadi di beberapa persimpangan, meskipun seorang aktivis, Reuven Gafni, mengatakan kepada situs berita Ynet bahwa ini direncanakan sebelum pengumuman kesepakatan dengan Abu Dhabi pada Kamis.

Gafni mengatakan para demonstran menyerukan disfungsi pemerintah saat ini dan ancaman pemilihan baru karena krisis yang sedang berlangsung antara partai-partai koalisi.

Mantan MK Aryeh Eldad, yang merupakan salah satu pendiri dari apa yang akhirnya menjadi partai sayap kanan Otzma Yehudit, mengatakan Netanyahu “telah menjual Tanah Israel… untuk 'perdamaian' dengan UEA, seolah-olah pernah ada perang di antara kami.”

Delegasi Israel dan UEA akan bertemu dalam beberapa pekan mendatang untuk menandatangani perjanjian bilateral mengenai investasi, pariwisata, penerbangan langsung, keamanan dan pembentukan kedutaan timbal balik.

Menurut pernyataan bersama dari Israel, UEA dan AS, Israel telah setuju untuk menangguhkan rencana aneksasi Tepi Barat dengan imbalan normalisasi hubungan. Kepemimpinan sayap kanan dan pemukim mengecam persyaratan itu.

Ketua Yamina MK Naftali Bennett, yang mengepalai Yamina, membuka pernyataannya dengan menyambut pengumuman tersebut, tetapi kemudian mengklaim bahwa Netanyahu telah "melewatkan kesempatan sekali dalam seabad" untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat, seperti yang dilakukannya. Ia telah berjanji berulang kali untuk melakukannya sepanjang tiga kampanye pemilu terakhir.

“Sungguh tragis bahwa Netanyahu tidak memahami momen itu, dia juga tidak mengumpulkan keberanian untuk menerapkan kedaulatan bahkan ke satu inci Tanah Israel,” tambah Bennett.

Smotrich menghukum Netanyahu karena "menghidupkan kembali wacana dua negara," dan menolak pengumuman itu sebagai marjinal, mengingat bahwa Israel tidak pernah berperang dengan UEA.

Walikota pemukiman Beit El Shai Alon menuduh Netanyahu menjual gerakannya.

“Mereka menarik pemukim dengan cepat. Masa depan kita ada di Yudea dan Samaria dan dalam keputusan berani yang akan dibuat oleh para pemimpin kita. Bukan perjanjian yang kita tanda tangani hari ini dan tidak sebanding dengan kertas yang ditulisnya besok."

Wali kota Efrat Oded Revivi adalah satu-satunya yang mendukung kesepakatan tersebut. Ia menyebut penangguhan aneksasi sebagai "harga yang pantas" untuk menormalkan hubungan Israel dengan sejumlah pihak.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x