China Aktifkan Rudal 'Pembunuh Kapal' di Tengah Mengancam Tenggelamkan Dua Kapal Induk AS

- 15 Agustus 2020, 05:05 WIB
Rudal balistik DF-26 China.
Rudal balistik DF-26 China. /


GALAMEDIA - Militer China telah mengancam akan "menenggelamkan dua kapal induk" milik Amerika Serikat (AS) ketika mereka mengaktifkan rudal balistik.

Laksamana Muda Lou Yuan memperingatkan sebelumnya bahwa rudal balistik dan jelajah DF-26 yang baru dan berkemampuan tinggi dari China lebih dari mampu mengenai kapal induk AS, meskipun mereka berada di tengah pertahanan yang sangat ketat.

Dilansir express.co.uk Jumat 14 Agustus 2020, Lou Yuan mengatakan, "Apa yang paling ditakuti Amerika Serikat adalah korban jiwa".

Dia mengatakan hilangnya satu operator super (kapal induk) akan menelan korban nyawa hingga 5.000 orang. Jika dua yang tenggelam, maka jumlah korban berlipat ganda.

"Kita akan melihat betapa ketakutannya Amerika."

Dia menambahkan bahwa China harus "menggunakan kekuatannya untuk menyerang kekurangan musuh. Serang dimanapun musuh takut dipukul. Dimanapun musuh lemah."

Peringatan itu datang pada Desember 2018.

Surat kabar yang dikendalikan negara China - The Global Times - mengatakan hulu ledak terbaru negara itu dikerahkan sebulan kemudian ke posisi yang paling sesuai untuk menyerang kapal di Laut China Timur dan Selatan.

Pengumuman penempatan itu datang hanya beberapa hari setelah kapal perang AS melewati Selat Taiwan dan dekat dengan Kepulauan Paracel (Kepulauan Xisha) - diklaim oleh China, Vietnam dan Taiwan - untuk menegaskan aturan laut internasional yang mengatur hak lintas bebas.

Taiwan telah menjadi pusat perselisihan politik antara China dan AS, karena Beijing bertujuan untuk menegaskan kendali atas wilayah Asia.

The Global Times mengatakan pada Januari 2019, "Waktu laporan tersebut memicu diskusi di antara pengamat militer China secara online, setelah USS McCambell, kapal perusak berpeluru kendali AS, masuk tanpa izin ke perairan teritorial China di lepas pantai Kepulauan Xisha pada hari Senin tanpa izin. dari pemerintah China."

Corong pemerintah China melanjutkan, "DF-26 adalah generasi baru rudal balistik jarak menengah yang mampu menargetkan kapal menengah dan besar di laut."

"Itu bisa membawa hulu ledak konvensional dan nuklir."

Rudal itu balistik, yang berarti mereka mendorong hulu ledak mereka tinggi-tinggi ke tepi angkasa.

Hulu ledak ini kemudian terjun dengan kecepatan sangat tinggi kembali ke arah target mereka.

Ketika AS dan China bergulat untuk mendapatkan kendali dalam beberapa tahun terakhir - para analis telah memperingatkan dalam beberapa kesempatan bahwa ada risiko serius dari konflik yang tidak disengaja.

Hu Bo, direktur Pusat Studi Strategi Maritim di Universitas Peking, mengatakan bahwa pengerahan kapal AS bertujuan untuk menghentikan China mengambil keuntungan dari "kekosongan kekuasaan".

Berbicara pada tahun 2017, ia juga memperingatkan adanya risiko bahwa insiden tersebut dapat mengakibatkan kesalahan perhitungan dan meningkat menjadi konflik militer.

Dia menambahkan, "Perilaku provokatif semacam ini sepenuhnya didorong oleh kebutuhan politik yang bertujuan untuk menunjukkan kekuatan dan menunjukkan kekuatan, tetapi itu bisa menjadi kecelakaan."

Dia juga mengatakan bahwa mungkin ada pihak dengan militer AS yang bertujuan untuk menciptakan konflik berskala kecil dan "terkendali" dengan rekan-rekan China mereka.

Hu Bo menyimpulkan, "Namun, bagaimana Anda dapat memprediksi dan mengendalikan konsekuensi terjadinya perang?".***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x