KPK Periksa Soedomo Mergonoto Pimpinan Kapal Api Terkait Korupsi Mantan Bupati Sidoarjo

- 23 Mei 2023, 20:50 WIB
Mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (tengah) berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp
Mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (tengah) berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp /


GALAMEDIANEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Soedomo Mergonoto selaku Direktur PT Santos Jaya Abadi sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (SI).

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran uang yang diterima tersangka SI dari beberapa pihak dalam bentuk mata uang asing," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023.

Ali mengatakan pemeriksaan terhadap Soedomo Mergonoto, pimpinan perusahaan pemilik merek kopi Kapal Api itu berlangsung di Gedung Merah Putih KPK di Jakarta.

Baca Juga: Jelang Tanggal Rilis, 2 Episode Bleach Thousand Year Blood War Part 2 Bisa Ditonton Lebih Dulu

Sebagai Informasi, Saiful Ilah adalah mantan Bupati Sidoarjo selama dua periode, 2010-2015 dan 2016-2021, dan kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK.

Diduga selama masa jabatannya tersebut, tersangka Saiful Ilah, telah menerima banyak pemberian berupa gratifikasi dalam bentuk uang tunai maupun barang dengan total mencapai Rp15 miliar.

Pemberian gratifikasi tersebut diberikan secara langsung dalam bentuk uang tunai dalam mata uang rupiah, dolar Amerika Serikat, dan sejumlah mata uang asing lainnya.

Baca Juga: 3 Resep Sambal ala Rudy Choirudin Wajib Disajikan di Rumah atau di Restoran

Penyidik KPK masih menelusuri penerimaan-penerimaan lainnya dengan menggunakan data dari Laporan Hasil Analisa Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan dengan teknik Akuntansi Forensik Direktorat Analisis dan Deteksi Korupsi KPK.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x