Ancaman Era Digitalisasi Terhadap Profesi Pustakawan, Robot Mulai Menggantikan Berbagai Pekerjaan

- 24 Mei 2023, 06:17 WIB
Robot mulai menggantikan pustakawan
Robot mulai menggantikan pustakawan /Freepik



GALAMEDIANEWS - Jika harus mengingat kembali ke masa lalu, profesi pustakawan adalah pekerjaan yang mulia dengan kesabaran dan ketelatenan menjaga serta menyusun buku yang disesuaikan dengan jenis dan kategorinya agar kita sebagai pembaca bisa mencari dan mendapatkan buku yang dibutuhkan dengan mudah.

Akan tetapi, zaman sudah berubah perkembangan teknologi menggantikan segalanya. Meski serba mudah tapi tidak semua mampu menghadapi perubahan yang terjadi, pelayan restoran digantikan oleh robot dan bahkan hampir seluruh kegiatan sehari-hari semuanya robot atau alat elektronik yang melakukan.

Dampak yang ditimbulkan bisa positif ataupun negatif, tergantung pada hal apa dan siapa yang harus menghadapinya. Bisa menguntungkan karena mampu meringankan pekerjaan sehari-hari, bisa merugikan untuk mereka yang belum siap dengan perubahan karena dapat mengancam apa yang hanya mereka ketahui dengan segala perkembangan dan perubahan yang tiada batas.

Baca Juga: KPK Jadwal Pemeriksaan Terhadap Alim Markus Direktur PT Indal Alumunium Industry Besok

Lantas, apakah ada solusi untuk mereka yang belum siap?

Baca Juga: Mengenal Dewa Petir yang Diperankan Ray Stevenson di Film Thor

Pastinya setiap masalah yang dihadapi akan ada solusinya begitupun dengan hal yang sedang kita bahas. Hal ini mengingatkan pada sebuah film yang berjudul “The Intern” yang rilis pada tahun 2015 dan diperankan oleh aktris terkenal satunya Anne Hathaway.

Dalam film ini menceritakan tentang peran dari seorang pekerja magang yang sudah pensiun dan usianya hampir 70 tahun, dengan posisi sebagai senior yang harus menunjukan kewibawaan dan kebijaksanaan untuk menghadapi segala permasalahan dalam suatu bisnis atau pekerjaan dan mengajarkan menjadi seorang yang bertanggung jawab.

Di masa magangnya banyak hal baru yang harus dipelajari, karena segala hal yang ada sudah berbasis teknologi. Akan tetapi, dia mampu menyesuaikan diri dengan para pekerja lain yang mayoritasnya anak-anak muda dan memahami perkembangan teknologi.

Kolaborasi yang terjadi diantara keduanya mampu saling melengkapi seorang yang tidak terlalu memahami perkembangan teknologi dan mereka yang paham.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x