Generasi Muda Arab Saudi Kagumi Negara Israel, Pihak Kerajaan Bakal Tingkatkan Hubungan Kerja Sama

- 15 Agustus 2020, 15:12 WIB
Pesisir pantai di Kota Tel Aviv, Israel. (Foto: Pinterest) /

GALAMEDIA - Menantu sekaligus penasihat senior Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jared Kushner menyatakan hubungan antara Kerajaan Arab Saudi dan Israel bakal lebih membaik menyusul perjanjian yang ditengahi AS antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA).

Negara-negara Arab yang bersahabat dengan Israel menyambut baik kesepakatan bersejarah itu, tetapi kekuatan regional Arab Saudi tetap diam setelah pengumumannya.

Arab Saudi, seperti Israel dan UEA, menganggap Iran sebagai musuh bersama sehingga mempertahankan hubungan dekat dengan Washington.

Kushner, yang dilaporkan berperan dalam perantara perjanjian Israel-UEA, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada hari Jumat 14 Agustus 2020 bahwa generasi muda Arab Saudi mengagumi Israel dan mencari hubungan dengan negara Yahudi tersebut.

Jared Khusner.
Jared Khusner.

"Mereka melihat Israel hampir seperti Lembah Silikon di Timur Tengah dan mereka ingin terhubung dengannya sebagai mitra dagang, sebagai mitra teknologi, sebagai mitra keamanan," kata Kushner tentang pemuda Saudi seperti dilansir Times of Israel Sabtu 15 Agustus 2020.

Generasi yang lebih tua, katanya, "masih terjebak dalam konflik di masa lalu," dan terlepas dari upaya modernisasi negara tersebut baru-baru ini, "Anda tidak dapat mengubah kapal perang dalam semalam."

Baca Juga: Siap Hadapi China di Perbatasan, Militer India Siagakan 1,4 Juta Pasukan

Terlepas dari penentangan dari beberapa generasi yang lebih tua, Kushner meramalkan bahwa kesepakatan penting hari Kamis 13 Agustus 2020 akan berfungsi sebagai katalisator untuk membuka hubungan antara Israel dan negara-negara Arab lainnya, termasuk Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X