Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5, BMKG Ungkap Pemicunya

- 15 Agustus 2020, 16:39 WIB
Ilustrasi gempa bumi.*
Ilustrasi gempa bumi.* /PIXABAY.com/

GALAMEDIA - Wilayah Jember, Jawa Timur diguncang gempa bumi dengan magnitudo magnitudo 5,0 dan tidak berpotensi tsunami, Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 14.12 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa bumi yang terjadi di Selatan Kabupaten Jember akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Sabtu 15 Agustus 2020.

Rahmat menyatakan hasil analisis sumber menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik atau Thrust Fault.

Baca Juga: Sketsa Disebar, Mohon Lapor Polisi Jika Menemukan Pelaku Penembak Bos Pelayaran di Kelapa Gading

Dari penelitian BMKG, guncangan gempa dirasakan warga di daerah Jember skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III Karangkates, Banyuwangi, Lombok Barat, Denpasar dan Kuta Selatan.

"Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," ujarnya.

Hingga pukul 14.47 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya delapan kali aktivitas gempa susulan atau aftershock.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x