BMKG Peringatkan tentang El Nino, Ini yang Harus Diwaspadai selain Kekeringan

- 25 Mei 2023, 20:09 WIB
BMKG Peringatkan Dampak El Nino.
BMKG Peringatkan Dampak El Nino. / bmkg.go.id/

GALAMEDIANEWS - BMKG peringatkan Indonesia yang kemungkinan akan terdampak fenomena El Nino, disebutkan bahwa dampak dari El Nino ini akan mencapai hingga Jawa Barat. Fenomena El Nino ini berpotensi menimbulkan kerugian ekonomi yang besar untuk Indonesia.

El Nino sendiri adalah sebutan untuk fenomena alam dimana terjadi pemanasan suhu permukaan laut di samudra pasifik bagian tengah hingga lepas pantai pasifik Amerika Selatan.

Menghangatnya permukaan air laut ini memicu terbentuknya banyak awan hujan di wilayah pasifik timur namun mengurangi curah hujan di negara-negara wilayah pasifik barat seperti Indonesia, hal ini menyebabkan musim kemarau yang cukup panjang di wilayah pasifik barat.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Manchester United vs Chelsea di Liga Inggris, Laga Berlangsung Pukul 02.00 WIB

BMKG sendiri sudah memperingatkan potensi kekeringan panjang yang akan dialami Indonesia saat terdampak El Nino, namun tidak hanya kekeringan saja yang harus diwaspadai tetapi juga dampak turunan lain yang harus diperhatikan oleh masyarakat.

 

Penyebaran Hama dan Penyakit Tanaman

Dijelaskan dalam website resmi milik Kementerian Pertanian, perubahan kondisi cuaca yang terjadi di Indonesia akan mendukung pertumbuhan berbagai jenis penyakit dan hama yang dapat menjangkit berbagai jenis tanaman. Para petani harus dapat melakukan manajemen Penyakit dan Hama yang baik selama periode El Nino untuk mengurangi potensi terjadinya gagal panen.

 

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x