3 Rekomendasi Tempat Bersejarah di Bekasi, Pecinta Sejarah Wajib Datang!

- 25 Mei 2023, 22:00 WIB
Gedung Juang 45, salah satu rekomendasi tempat sejarah di Bekasi.
Gedung Juang 45, salah satu rekomendasi tempat sejarah di Bekasi. /Google Local Guides/Jainal Aripin./

 GALAMEDIANEWS – Bekasi memiliki beberapa rekomendasi tempat bersejarah yang kalian harus datangi. Bekasi sering juga dijuluki sebagai ‘Kota Patriot’, dari julukan tersebut kita bisa lihat bahwa Bekasi memiliki banyak cerita perjuangan dan mengalami banyak peristiwa pertempuran di masa lalu terutama sebelum masa kemerdekaan.

 

Dengan banyaknya peristiwa sejarah Bekasi yang diabadikan didalam berbagai situs dan monumen sejarah, Artikel ini akan memberikan rekomendasi kepada kalian yang tertarik untuk mempelajari berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Bekasi.

Gedung Juang 45

Gedung Juang 45 atau disebut juga sebagai Gedung Juang Tambun adalah salah satu situs sejarah yang wajib kamu datangi di Bekasi. Gedung yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan ini sekarang berfungsi sebagai museum yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Gedung ini memiliki sejarah yang panjang dan sudah berkali-kali beralih fungsi. Gedung ini pertama dibangun sebelum masa kemerdekaan oleh seorang Kapitan Tionghoa sekaligus tuan tanah bernama Khouw Tjeng Kee. Pembangunan gedung ini dibagi kedalam dua tahap yang pertama dimulai tahun 1906 dan tahap kedua dimulai pada tahun 1925.

Baca Juga: Ide Bisnis 2023: Resep Rolade Makanan Murah Meriah dengan Isian Daging Ayam

Pada masa perlawanan pejuang Indonesia terhadap Belanda, gedung ini dijadikan markas oleh para pejuang Indonesia yang membangun basis perlawanan di wilayah Tambun dan Cibarusah.  

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Bekasi.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x