Sejarah Terbentuknya BRICS dan Tujuan Didirikanya, Negara Mana saja yang Menjadi Anggotanya?

- 26 Mei 2023, 13:06 WIB
Sejarah Terbentuknya BRICS
Sejarah Terbentuknya BRICS /Blok Ekonomi Dunia, BRICS/

GALAMEDIA NEWS - BRICS merupakan singkatan dari Brazil, Russia India, China, and South Africa. Grup ini didirikan pada tahun 2009 oleh para pemimpin negara tersebut, yang bertemu di Yekaterinburg, Rusia.

Pada awalnya, negara anggota kelompok ini hanya disebut BRIC, yang hanya terdiri dari empat negara: Brazil, Russia, India, and China. South Africa kemudian bergabung pada tahun 2011, sehingga menjadi BRICS.

Kelompok BRICS merupakan negara-negara ekonomi berkembang yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama ekonomi politik.

Sejarah Terbentuknya BRICS?

Tokoh di balik penyatuan empat negara berkembang ini pertama kali dicetuskan oleh ekonom Goldman Sachs, Jim O'Neill, pada tahun 2001. O'Neill menyebut BRIC sebagai kelompok negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang besar dan diharapkan akan akan menjadi kekuatan ekonomi dunia pada abad ke-21.

Kemudian pada tahun 2009, Brasil, Rusia, India, China mengadakan pertemuan di Yekaterinburg, Rusia, dan menyetujui untuk membentuk kelompok ekonomi baru yang diberi nama BRIC.

Baca Juga: Rangkaian Acara Haul Satu Tahun Eril, Masyarakat Bisa Menyaksikannya Melalui Siaran Langsung

Afrika Selatan kemudian bergabung pada tahun 2011, sehingga kelompok ini dikenal BRICS. Negara-negara anggota memainkan peran yang semakin penting dalam perdagangan global dan kebijakan ekonomi selama bertahun-tahun.

Mereka juga telah mendukung upaya-upaya global untuk memperkuat sistem perdagangan multilateral dan mendorong reformasi kebijakan keuangan global.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: blog.hsb.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x