Kerajaan Arab Saudi Kembali Berduka, Pangeran Abdulaziz Meninggal Dunia

- 15 Agustus 2020, 21:57 WIB
Kerajaan Arab Saudi.
Kerajaan Arab Saudi. /



GALAMEDIA - Arab Saudi mengumumkan wafatnya Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Abdulaziz bin Turki Al-Saud, kantor berita negara SPA melaporkan Sabtu 15 Agustus 2020.

Pihak Kerajaan menyebutkan pemakaman akan diadakan pada hari Sabtu di ibu kota Kerajaan, Riyadh.

Ia wafat dalam usia 57 tahun Jumat 14 Agustus 2020 malam. Tidak ada laporan penyebab kematiannya dan hal terkait lainnya.

Pangeran Abdulaziz merupakan putra ketiga Raja Abdullah dari seorang ibu asal Lebanon keturunan Palestina, Aida Fustuq. Dia memiliki kakak perempuan, Adila binti Abdullah .

Baca Juga: Generasi Muda Arab Saudi Kagumi Negara Israel, Pihak Kerajaan Bakal Tingkatkan Hubungan Kerja Sama

Abdulaziz bin Abdullah lulus dari Universitas Hertfordshire dengan gelar Bachelor of Arts dalam ilmu politik pada 1986.

Pangeran Abdulaziz bin Abdullah.
Pangeran Abdulaziz bin Abdullah.


Abdulaziz awalnya bertugas di Pengawal Nasional Arab Saudi selama 15 tahun di posisi yang berbeda. Pada tahun 1991, ia diangkat sebagai penasihat Putra Mahkota Abdullah.

Dia juga penasihat Suriah untuk Putra Mahkota Abdullah. Raja Abdullah menunjuk Pangeran Abdulaziz sebagai Wakil Menteri Luar Negeri pada 22 Juli 2011.

Selama perang saudara Suriah, Pangeran Abdulaziz meminta Turki untuk mendirikan "pusat saraf" dalam upaya menggulingkan Bashar Assad. Pusat ini didirikan di Adana pada pertengahan 2012.

Baca Juga: Siap Hadapi China di Perbatasan, Militer India Siagakan 1,4 Juta Pasukan

Pangeran Abdulaziz secara pribadi menangani file Bashar Assad . Dia mewakili Arab Saudi pada KTT Gerakan Non-Blok di Teheran an dari 30 hingga 31 Agustus 2012.

Karena Menteri Luar Negeri Pangeran Saud menjalani operasi dan tidak dapat menghadiri pertemuan tersebut. Pangeran Abdulaziz bertemu dengan Presiden Iran Mahmoud Ahmedinejad selama tinggal di Teheran.

Masa jabatannya berakhir pada April 2015 ketika Saud Al Faisal mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri karena masalah kesehatan.

Baca Juga: Kesepakatan Israel-Uni Emirat Arab Membagi Dunia Muslim Menjadi Dua Faksi yang Bertikai

Abdulaziz bin Abdullah adalah satu dari tiga anggota Dewan Kesetiaan yang tidak mendukung pengangkatan Mohammaed bin Salman sebagai putra mahkota pada 21 Juni 2017. Anggota lainnya yakni Muhammad bin Saad Al Saud dan Ahmed bin Abdulaziz Al Saud .

Abdulaziz mewakili kakak laki-lakinya, Khalid bin Abdullah pada pertemuan dewan tersebut.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x