Erdogan Kembali Jadi Presiden Turki Usai Menang Putaran Kedua, Ini Jadi Sejarah Baru

- 29 Mei 2023, 11:18 WIB
Recep Tayyip Erdogan menang putaran kedua dan kembali menjadi Presiden Turki
Recep Tayyip Erdogan menang putaran kedua dan kembali menjadi Presiden Turki /Antara/

GALAMEDIANEWS - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berhasil memenangkan putaran kedua pada pemilihan presiden. Kemenangan Erdogan menjadi sejarah baru, karena menjadi pemimpin terlama di Turki.

Sebelumnya Erdogan gagal memenangkan pemilihan presiden dalam satu putaran, ia tidak memperoleh 50 persen suara yang diperlukan untuk langsung menjadi presiden dalam satu putaran pemilihan.

Berdasarkan perhitungan terakhir pada 28 Mei 2023, Dewan Pemilihan mengatakan bahwa Erdogan berhasil memperoleh 52,14 persen pada putaran keduanya. Sedangkan lawannya Kemal Kilicdaroglu hanya meraih 47,86 persen suara.

Pemilihan presiden kali ini telah menciptakan sejarah baru pada Erdogan, Ia yang berhasil menjadi presiden Turki selama 20 tahun. Ini membuat Erdogan menjadi presiden terlama sepanjang sejarah Presiden Turki.

Baca Juga: MAHFUD MD Berang Soal Putusan MK Sistem Pemilu Bocor, Menkopolhukam Perintahkan Cari Orangnya

Erdogan berhasil melampaui masa jabatan pendiri Republik Turki Mustafa Kemal Attaturk, yang telah menjabat selama 15 tahun.

Usai kemenangannya, Erdogan menyapa pendukungnya di kediamannya di Uskudar, Istanbul. Iya mengucapkan terima kasih kepada kerumunan orang yang mendukung.

“Kami telah menyelesaikan putaran kedua pemilihan presiden dengan dukungan rakyat kami,” kata Erdogan. “Insya Allah kami akan layak atas kepercayaan Anda seperti yang telah kami lakukan selama 21 tahun terakhir.” kata Erdogan.

Selanjutnya Erdogan menuju ke Ankara, untuk menemui para pendukungnya di Istana Presiden. Erdogan menyampaikan sejumlah permasalahan yang mendesak yang sedang dihadapi oleh negaranya diantaranya adalah inflasi.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Aljazeera.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x