Erdogan Dapat Ucapan Selamat dari Biden hingga Putin, Usai Terpilih Kembali Sebagai Presiden

- 29 Mei 2023, 12:13 WIB
Recep Tayyip Erdogan mendapatkan ucapan selamat dari pemimpin dunia mulai dari Biden hingga Putin
Recep Tayyip Erdogan mendapatkan ucapan selamat dari pemimpin dunia mulai dari Biden hingga Putin /Antara/

GALAMEDIANEWS - Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan berhasil memenangkan putaran kedua pada pemilihan presiden. Kemenangannya mendapatkan ucapan selamat dari para pemimpin dunia mulai dari Bidden hingga Putin.

Berdasarkan perhitungan terakhir pada 28 Mei 2023, Dewan Pemilihan mengatakan bahwa Erdogan berhasil memperoleh 52,14 persen pada putaran keduanya. Sedangkan lawannya Kemal Kilicdaroglu hanya meraih 47,86 persen suara.

Pemilihan presiden kali ini telah menciptakan sejarah baru pada Erdogan, Ia yang berhasil menjadi presiden Turki selama 20 tahun. Ini membuat Erdogan menjadi presiden terlama sepanjang sejarah Modern Turki.

Baca Juga: Erdogan Kembali Jadi Presiden Turki Usai Menang Putaran Kedua, Ini Jadi Sejarah Baru

Kemenangan Erdogan sebagai Presiden Turki mendapat sambutan baik dari para pemimpin dunia. Ia mendapatkan berbagai ucapan selamat dari para pemimpin mulai dari Biden hingga Putin.

Amerika Serikat

Amerika Serikat yang merupakan negara sekutu dari Turki juga turut memberikan selamat kepada Erdogan, ucapan selamat datang dari Presiden Joe Biden.

“Saya berharap untuk terus bekerja sama sebagai Sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global,” kata Biden dalam tweet.

Selain itu, terdapat ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang menyebutkan turki sebagai mitra berharga NATO.

“Saya menantikan kerjasama berkelanjutan kami dengan pemerintah yang dipilih oleh rakyat Turki,” ucap Blinken.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Aljazeera.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x