25 Orang dan Lebih dari 8,1 Juta Orang Terdampak Banjir Bihar India

- 16 Agustus 2020, 17:26 WIB
 Foto yang diabadikan pada 5 Agustus 2020 ini menunjukkan area yang terendam banjir di Distrik Darbhanga, Bihar, India. (Xinhua/Stringer)
Foto yang diabadikan pada 5 Agustus 2020 ini menunjukkan area yang terendam banjir di Distrik Darbhanga, Bihar, India. (Xinhua/Stringer) /



GALAMEDIA - Sebanyak 8,1 juta orang terdampak banjir yang melanda Negara Bagian Bihar, India timur. Banjir merendam 16 distrik di seluruh negara bagian tersebut, demikian disampaikan oleh para pejabat pada Sabtu, 15 Agustus 2020.

Menurut Departemen Penanggulangan Bencana Bihar (Bihar Disaster Management Department/BDMD), banjir merendam 16 distrik ini berdampak pada 8.131.841 penduduk di wilayah tersebut. Menurut data yang dirilis oleh BDMD, banjir yang masih melanda itu merendam 1.310 desa yang tersebar di 130 blok dalam 16 distrik.

Menurut para pejabat, bencana alam tersebut telah menewaskan 25 orang di lima distrik. Debit air di sejumlah sungai dan anak sungai di beberapa distrik yang terdampak berada di atas tanda bahaya. Air bah telah merendam area permukiman dan mengancam kekuatan tanggul.

Baca Juga: Dengarkan Radio Saat Piket Malam, Seorang Tentara Wanita dan Keluarganya Dimasukan ke Tahanan

Penduduk setempat mengatakan air banjir memasuki rumah dan pertokoan, dan warga menggunakan perahu untuk menuju ke tempat lain.

Menurut para pejabat, lebih dari setengah juta orang telah dievakuasi.

"Total 550.838 orang dievakuasi," papar data tersebut seperti dilansirkan Antara dari Xinhua.

Baca Juga: Keren, 20 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

"Sepuluh kamp bantuan didirikan, yang menampung 12.573 orang. Selain itu, 782 dapur umum disiapkan untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi."***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x