Artificial Intelligence (AI) Tidak Akan Pernah Menggantikan Guru Manusia

- 31 Mei 2023, 07:32 WIB
Ilustrasi: AI tidak akan pernah menggantikan profesi guru manusia
Ilustrasi: AI tidak akan pernah menggantikan profesi guru manusia /weareteachers.com


GALAMEDIANEWS - Ada banyak alasan mengapa kecerdasan buatan tidak akan pernah menggantikan guru manusia. Pertama, AI tidak memiliki kemampuan untuk benar-benar memahami emosi dan pengalaman manusia. Yang artinya bahwa AI tidak akan dapat mengajar atau terhubung secara efektif dengan siswa pada tingkat pribadi seperti yang dapat dilakukan oleh guru manusia.

Selain itu, AI belum mampu membuat jenis kesimpulan dan deduksi yang sama seperti yang dapat dilakukan manusia dalam hal mengajar. Guru manusia dapat menyesuaikan pelajaran dan gaya mereka dengan cepat berdasarkan kebutuhan siswa mereka, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh AI.

Terakhir, manusia guru memberikan teladan penting bagi siswa baik dalam hal prestasi akademik maupun perilaku pribadi. AI tidak bisa meniru hal yang sama seperti guru manusia.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Malam di Bekasi, Terkenal, Enak dan Murah yang Bisa Memanjakan Lidah

 

Bagaimana cara menggunakan kecerdasan buatan sebagai pelengkap guru manusia dalam mengajar?

Kecerdasan buatan memiliki potensi untuk berfungsi sebagai suplemen yang kuat bagi guru manusia. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan metode pengajaran tradisional, AI dapat membantu guru untuk mempersonalisasi instruksi secara lebih efektif, mengidentifikasi dan menangani area kebutuhan, dan memberikan umpan balik waktu nyata.

a. AI dapat digunakan untuk melengkapi pengajaran manusia adalah dengan melengkapi pengajaran manusia dengan memberikan umpan balik waktu nyata pada kinerja siswa.

 

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: PGSD Binus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x