4 Konsep untuk Membangun Kepercayaan Diri Melalui Self-Awareness

- 31 Mei 2023, 07:35 WIB
Ilustrasi : 4 konsep membangun kepercayaan diri
Ilustrasi : 4 konsep membangun kepercayaan diri /hrexchangenetwork.com


GALAMEDIANEWS - Pilar pertama kecerdasan emosional (emotional intelligence) adalah kesadaran diri (self-confidence). Daniel Goleman seorang psikolog terkenal di dunia dan dengan teorinya tentang kecerdasan emosional (EI) menjelaskan bahwa kecerdasan emosional terdiri dari kesadaran emosional (self-awareness) penilaian diri yang akurat (accurate self-assessment) dan kepercayaan diri (self-confidence).

 Kepercayaan diri digambarkan sebagai bagian dari proses kesadaraN diri dan ada juga korelasi dengan harga diri dan self-efficacy. Berikut perbedaan konsep-konsep dalam memahami kepercayaan diri:

1. Percaya Diri (self-confidence)

Kepercayaan diri adalah kepercayaan terhadap kemampuan seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini adalah keterampilan untuk membuat kepercayaan pada diri sendiri, percaya bahwa kamu mampu mencapai tugas apa pun, terlepas dari segala rintangan dan kesulitan.

Baca Juga: Artificial Intelligence (AI) Tidak Akan Pernah Menggantikan Guru Manusia

Orang yang percaya diri mungkin akan lebih siap menghadapi tantangan baru serta bertanggung jawab atas tindakan atau kegagalan mereka.

Bagi sebagian orang, rasa percaya diri juga membawa rasa Bahagia. Umumnya, ketika kamu merasa percaya diri, kamu akan menjadi lebih Bahagia karena kesuksesan yang kamu yakini dapat tercapai. Ketika kamu merasa percaya diri, kamu bisa lebih bersemangat dan terinspirasi untuk mengambil tindakan demi mengejar tujuan.

2. Harga Diri (self-esteem)

Harga diri adalah penilaian terhadap nilai diri sendiri. Hal ini adalah penilaian pribadi tentang kelayakan yang diungkapkan dalam sikap yang dipegang orang terhadap diri mereka sendiri, yang bisa berfungsi sebagai alat ukur penerimaan sosial.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x