Siasati Kekeringan Akibat El Nino, Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Lakukan Ini

- 31 Mei 2023, 16:12 WIB
Ilustrasi Persawahan
Ilustrasi Persawahan /Freepik/

 

GALAMEDIANEWS - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Jawa Barat siasati terjadinya kemungkinan kekeringan berat karena musim kemarau yang disebabkan oleh El Nino terhadap sektor pertanian.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan menuturkan adanya perkiraan fenomena El Nino yang akan terus berlangsung sampai dengan pertengahan 2023.

Ia memperkirakan fenomena alam ini akan menyebabkan kemarau panjang yang kemungkinan akan berdampak pada kekeringan di Purwakarta, yang sebelumnya pernah terjadi beberapa tahun silam.

"Fenomena ini diprediksi menyebabkan musim kemarau tahun ini akan menjadi lebih kering dibandingkan musim kemarau tiga tahun terakhir," kata Midan.

Baca Juga: Menteri Pertanian: Virus dan Bakteri Penyebab Flu Babi Afrika Muncul Lagi di Pulau Bulan Batam

Menurutnya, terdapat sebuah cara untuk menyiasati fenomena alam tersebut, siasat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kerugian para petani di Purwakarta, dari dampak kekeringan panjang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyarankan para petani menanam jenis padi gogo, jenis ini dinilai relatif kuat dalam menghadapi keringat saat kemarau berkelanjutan.

"Padi gogo relatif lebih kuat bertahan meski ketersediaan air sangat terbatas. Jadi padi jenis ini relatif bisa bertahan dalam menghadapi kekeringan musim kemarau," ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x