Anies Baswedan Serukan Agar Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Tetap Dipertahankan

- 31 Mei 2023, 18:35 WIB
Calon Presiden 2024 Anies Baswedan menyerukan agar sistem pemilu proporsional terbuka tetap dipertahankan.
Calon Presiden 2024 Anies Baswedan menyerukan agar sistem pemilu proporsional terbuka tetap dipertahankan. /Instagram @aniesbaswedan/

GALAMEDIANEWS - Anies Baswedan Calon Presiden 2024 menyerukan agar sistem pemilu proporsional terbuka tetap dipertahankan.

"Sistem proporsional terbuka harus dipertahankan," kata Anies usai konferensi pers di Jalan Brawijaya X 46, Jakarta, Selasa. 30 Mei 2023

Hal ini menyusul pernyataan mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana, yang mengatakan bahwa ia telah menerima informasi mengenai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai sistem pemilu legislatif yang akan mengembalikan ke sistem proporsional tertutup.

Baca Juga: Menang Kilat, Ganda Putri Indonesia Apriyani/Fadia Lanjutkan Tradisi Trofi di Thailand Open 2023

Anies Baswedan mengatakan bahwa sistem pemilu proporsional terbuka akan memberikan kesempatan kepada rakyat untuk menentukan pemimpin Indonesia di masa depan. Hal ini karena pengambilan keputusan berada di tangan rakyat.

"Kesempatan kepada rakyat dalam menentukan calonnya jangan sampai dihapus karena itulah indikator bahwa kekuasaan ada di tangan rakyat," katanya.

Anies Baswedan mengaku bersyukur dengan kemajuan demokrasi di Indonesia, dimana partai politik dapat memilih berbagai macam nama untuk calon pemimpinnya, dan memberikan kesempatan kepada rakyat untuk menentukan siapa yang akan dipilih.

"Yang menjadi kepercayaan untuk mewakili. Itulah sebabnya proporsional terbuka menggambarkan kemajuan demokrasi kita," tambah Anies

Baca Juga: 4 SMA Terbaik di Kota Padang Panjang Sumatera Barat, Bisa Jadi Pilihan PPDB 2023

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x