Soal Pengganti Ridwan Kamil, Pengamat Politik Unpad Nilai 4 Mantan Kapolda ini Cocok Jadi Pj Gubernur Jabar

- 1 Juni 2023, 17:36 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil /Foto : ist/
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil /Foto : ist/ /

GALAMEDIANEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakilnya Uu Ruzhanul Ulum memasuki sisa-sisa masa jabatan dan akan di gantikan oleh Pejabat (Pj) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar khususnya.

Adapun terkait Pj pengganti Ridwan Kamil hingga saat ini masih menjadi pertanyaan bagi masyarakat di Jabar. Bahkan, DPRD Provinsi Jabar telah mengusulkan nama-nama calon pengganti Ridwan Kamil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Kediri Cocok untuk Anak-anak: Lokasi Bermain Luas, View Bagus, dan Instagramable

Menyikapi hal tersebut, Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Firman Manan mengatakan, dengan mengacu kepada undang-undang no 10 tahun 2016 tersebut memang mengamanatkan dan mengharuskan Pj Gubernur itu adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat tinggi Madya.

"Kemungkinan besar besar akan diisi oleh pejabat perwakilan dari pusat dan itu kalau secara normatif," ujar pengamat politik Universitas Padjadjaran, Firman Manan saat dihubungi Galamedianews pada Kamis, 1 Juni 2023.

Menurut Firman, Jawa Barat merupakan provinsi besar dan pengelolaan juga tidak akan mudah, hal itu dikarenakan permasalahan yang cukup konferensif.

"Jadi memang, Pj Gubernur Jabar itu harus orang yang mengerti dengan pengelolaan pemerintahan. Secara ideal misalnya, pejabat - pejabat di Kemendagri sebetulnya," ucap Firman.

Baca Juga: Rumah Sakit Malaysia Tawarkan Alternatif Layanan Kesehatan untuk Warga Indonesia

Firman menjelaskan, ada beberapa Direktur Jenderal (Dirjen) misalnya, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) dan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) secara kriteria memenuhi persyaratan bisa menjadi Pj Gubernur Jabar.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x