Para Biksu yang Laksanakan Ritual Thudong Lakukan Puja, Meditasi dan Pradaksha di Candi Borobudur

- 1 Juni 2023, 20:21 WIB
Sejumlah biksu melakukan Pradaksina saat ritual Dharmayatra Adi Buddha Puja di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (26/5/2023). Ritual oleh sejumlah biksu dan samanera tersebut sebagai penghormatan kepada ajaran Buddha sekaligus memperingati 1.199 tahun selesainya pembangunan Candi
Sejumlah biksu melakukan Pradaksina saat ritual Dharmayatra Adi Buddha Puja di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (26/5/2023). Ritual oleh sejumlah biksu dan samanera tersebut sebagai penghormatan kepada ajaran Buddha sekaligus memperingati 1.199 tahun selesainya pembangunan Candi /ANTARA FOTO/Anis Efizudin/

GALAMEDIANEWS - Para biksu yang melaksanakan ritual thudong melakukan ritual puja, meditasi dan pradaksha di stupa utama candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 1 Juni 2023.

Para Biksu memasuki kompleks Candi Borobudur melalui gerbang Kalpataru. Mereka disambut oleh pengelola taman wisata Candi Borobudur dengan pengalungan bunga sedap malam.

Para biksu kemudian berjalan melewati altar utama dan menaiki tangga di sisi timur menuju stupa utama di lantai paling atas Candi Borobudur dan memanjatkan doa.

Sebelum menuju Candi Borobudur, mereka bertemu dengan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, di Rumah Dinasnya. Dari sana mereka menuju ke Candi Mendut, Candi Pawon dan terakhir ke Candi Borobudur.

Baca Juga: Resmi! CFD Dago Kembali Dibuka 4 Juni 2023, Tapi...

Febrina Intan selaku Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, mengatakan bahwa Candi Borobudur merupakan tempat terakhir yang dikunjungi oleh para biksu yang datang dengan berjalan kaki dari Thailand.

"Kami menyambut di sini untuk mengarahkan para biksu melakukan peribadatan sesuai yang dijalankan oleh umat Buddha," katanya.

"Dalam penyambutan tidak ada seremonial, kami ada di depan gerbang dan memberikan rangkaian bunga sedap malam kepada setiap biksu yang hadir, kemudian para biksu berjalan ke candi untuk melakukan peribadatan," ia menambahkan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x