Bedi Budiman: Pancasila jadi Perekat Meraih Indonesia Emas 2045

- 1 Juni 2023, 22:21 WIB
Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman (kiri) saat mendampingi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum pada acara  Pekan Bung Karno dan Bangkit Fest 2023 di Gedung Sate Bandung, Kamis, 1 Juni 2023./IST
Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman (kiri) saat mendampingi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum pada acara Pekan Bung Karno dan Bangkit Fest 2023 di Gedung Sate Bandung, Kamis, 1 Juni 2023./IST /

GALAMEDIANEWS - Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman mengapresiasi kegiatan Pekan Bung Karno dan Bangkit Fest 2023 di Gedung Sate Bandung, Kamis, 1 Juni 2023.

Acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila ke-78 dan Pekan Bung Karno itu digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jabar.

Dalam sambutannya, Bedi Budiman menyatakan, Pancasila memang tak bisa dilepaskan dari Presiden RI pertama, Soekarno. Menurut Bedi, Soekarno telah memperkenalkan Pancasila di hadapan Kongres Amerika Serikat pada tahun 1956.

Baca Juga: Tempat Wisata di Semarang untuk Anak, Harga Tiket Murah, View Bagus dan Instagramable, Nyaman bagi Keluarga

Baca Juga: Ganjar Pranowo Hormati Keputusan Partai Terkait Siapa Cawapres yang Akan Jadi Pendampingnya di Pemilu 2024

Tak hanya itu, dalam kesempatan berpidato di depan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada September 1960, Bung Karno juga menyitir salah satu ayat dalam Alquran, tepatnya Surat Al Hujurat ayat 13.

"Dalam Sidang Umum PBB itu, Bung Karno memperkenalkan Pancasila. Dalam mukadimah pidatonya mengutip ayat dalam kitab suci Alquran yakni Surat Al-Hujurat ayat 13. Termasuk juga Injil, dan tentunya dalam bahasa Inggris, sebagai pesan perdamaian," ungkap Bedi.

Peristiwa itu, kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, membuka mata seluruh pihak jika dunia tidak boleh terjebak dalam konflik perang dingin bermotif ideologi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Wisata Bandung paling Legendaris dan Hits Sejak Dulu, Nomor 3 Kolam Air Hangat Instagramable

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x