ITB Mendominasi 100 Besar Peringkat Peneliti Bandung Berdasarkan Google Scholar, STIA Bandung Kirim Satu Nama

- 2 Juni 2023, 09:41 WIB
100 Besar Peringkat Peneliti di Bandung Berdasarkan Google Scholar /Foto : Ist /
100 Besar Peringkat Peneliti di Bandung Berdasarkan Google Scholar /Foto : Ist / /

GALAMEDIANEWS - Peringkat perguruan tinggi (PT) Indonesia dalam 7 tahun terakhir meningkat pesat, baik di level dunia maupun Asia. Peningkatan reputasi ini seiring dengan iklim akademik yang semakin kondusif, khususnya publikasi karya ilmiah. Database Scival melaporkan publikasi Indonesia periode 2017-2021 mencapai 5,5 kali lipat dibandingkan 2012-2016. 

Secara kumulatif publikasi 5 tahun terakhir Indonesia melebihi negara ASEAN lainnya. Kondisi yang menggembirakan, mengingat periode sebelumnya jauh di bawah Malaysia, Singapura, bahkan Thailand.

Uslu (2020) dalam studinya melaporkan bahwa kualitas karya ilmiah berkontribusi 73,71% pada peringkat PT. Tentunya kemanfaatan bagi masyarakat akademik (sitasi), industri (paten) dan umum (kebijakan publik, literasi publik) merupakan tujuan dari publikasi tersebut. Kuantitas publikasi idealnya seiring dengan kualitasnya, sehingga kemanfaatannya sesuai dengan yang diharapkan. Inilah tantangan terbesar bagi pengambil kebijakan, pimpinan PT, maupun peneliti di Indonesia.

Capaian Publikasi

 Baca Juga: Ingin Masuk ITB? Inilah Skor Nilai yang Harus Dicapai Mahasiswa untuk Lolos SNBT 2023

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Google Scholar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x