Hengky Kurniawan : Pemda Bandung Barat Segera Siapkan Upaya Pencegahan Dampak Fenomena El Nino

- 3 Juni 2023, 18:17 WIB
Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan
Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan /Deni Supriatna/GALAMEDIANEWS //
 
 
GALAMEDIANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat akan segera menyiapkan langkah-langkah upaya menghadapi fenomena El Nino yang akan terjadi di Jawa Barat. 
 
Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, bahwa Pemerintah Bandung Barat akan menyiapkan antisipasi saat kemarau panjang tiba. 
 
"Pasti kita menyiapkan saat kemarau panjang, mudah-mudahan nanti kita bisa atasi, saya kira ini tidak ada masalah," ujar Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat acara HUT Kabupaten Bandung Barat ke - 16 yang diselenggarakan dilapangan kecamatan padalarang. Jawa Barat pada Sabtu, 3 Juni 2023. 
 
Meski demikian, Hengky mengaku, saat ini belum mendapatkan informasi dari dinas terkait fenomena El Nino. 
 
 
Hengky Kurniawan pun menyebutkan, akan segera melakukan rapat upaya pencegahan dari fenomena El Nino. 
 
"Saya belum mendapatkan laporan dari dinas terkait, nanti kita rapatkan dan terimakasih sudah mengingatkan terkait El Nino ini,"ucao Hengky Kurniawan.
 
Melansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena iklim El Nino akan mulai terjadi dengan mencapai puncaknya di akhir tahun.
 
El Nino, yang terpantau lewat El Niño-Southern Oscillation (ENSO), merupakan peristiwa perubahan angin dan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik yang berdampak pada iklim global berupa penurunan curah hujan.
 
 
 
BMKG juga memprediksi dampak El Nino akan menerjang wilayah Jawa Barat mulai semester 2 tahun ini. Bahkan, daerah Bandung Raya akan mulai memasuki Musim Kemarau pada Mei dasarian II hingga Juni dasarian I.***

Editor: Lina Lutan

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x