Kriteria Pj Gubernur Jabar Pilihan Ridwan Kamil: Harus Paham Jawa Barat

- 5 Juni 2023, 11:45 WIB
GUBERNUR Jabar, Ridwan Kamil.
GUBERNUR Jabar, Ridwan Kamil. /Ist/

GALAMEDIANEWS - Ridwan Kamil akan segera melepas jabatannya sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023. Ia pun akan digantikan oleh seorang Penjabat atau Pj Gubernur.

Meski begitu, Ridwan Kamil yang sudah memimpin rakyat Jawa Barat sejak tahun 2018 lalu ini sudah memiliki kriteria Pj Gubernur Jabar yang akan menggantikan perannya hingga 2024.

Seperti apa kriterianya? Apakah sesuai dengan sejumlah usulan yang disampaikan DPRD? Karena sebelumnya, DPRD Jabar pun akan mengusulkan tiga nama untuk menjadi Pj Gubernur Jabar kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: LINK PENDAFTARAN PPDB SMA di Jabar 2023, Login Tanpa Ribet, Bisa Juga Daftar SMK dan SLB

Baca Juga: Bandara Husein Sastranegara Layani Penerbangan Bandung-Batam, Begini Jadwal dan Tarifnya

Sejauh ini memang sudah muncul sejumlah nama yang digadang-gadang cocok menjadi Pj Gubernur Jabar. Anggota Komisi I DPRD Jabar, Haru Suandharu mengatakan, sosok yang akan diusulkan harus memiliki latar belakang yang netral.

Sosok Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil, ujar politisi PKS ini, harus orang yang tidak ikut bermain politik praktis. Apalagi, tahun depan akan dimulai Pemilu serentak 2024.

"Yang dibutuhkan sosok yang intinya harus mampu melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan," tutur Haru, belum lama ini.

"Jadi artinya harus punya kapasitas, wawasan, kredibilitas dan juga harus punya integritas harus netral jangan sampai pj ikut bermain. Kalau Pj ikut bermain, itu nanti jadi rusak tatanannya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x