Ridwan Kamil Lebih Cocok Maju Pilgub DKI Jakarta Ketimbang jadi Gubernur Jabar 2 Periode

- 5 Juni 2023, 15:03 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan penjelasan tentang kesuksesan program Petani Milenial, Selasa, 30 Mei 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan penjelasan tentang kesuksesan program Petani Milenial, Selasa, 30 Mei 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar akan berakhir September 2023. Langkah politik mantan Wali Kota Bandung ini mulai mengerucut.

Ridwan Kamil kemungkinan besar tak maju di Pilpres 2024 dan memilih bertarung di Pilgub Jabar atau Pilgub DKI Jakarta. Namun, pengamat politik menilai Ridwan Kamil lebih cocok maju di DKI ketimbang jadi Gubernur Jabar 2 periode.

Baca Juga: Kriteria Pj Gubernur Jabar Pilihan Ridwan Kamil: Harus Paham Jawa Barat

Baca Juga: LINK PENDAFTARAN PPDB SMA di Jabar 2023, Login Tanpa Ribet, Bisa Juga Daftar SMK dan SLB

"Kalau ditanya secara subyektif saya, kang Emil (Ridwan Kamil) itu cocok dimana dan kelihatannya kalau karateristik itu cocoknya di DKI dibandingkan di Jabar karena DKI kota metropolis dan itu sangat cocok oleh kang Emil," kata Pengamat Politik Unpad, Firman Manan, Senin, 5 Juni 2023.

Firman pun melihat gaya kepemimpinan Ridwan Kamil selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar. Menurutnya, hal itu sangat pas jika diterapkan di Ibu Kota Indonesia.

Firman menilai, DKI Jakarta saat ini sangat membutuhkan sosok pemimpin teknis karena kepala daerah di DKI Jakarta ditentukan oleh gubernur.

"Dan yang kedua pola kepemimpinannya kalau di DKI sepanjang asumsi UU nya tidak diubah, wali kota itu ditunjuk oleh gubernur. Jadi kalau disana dia kewenangannya sangat luas. Tetapi itu kembali lagi kepada keputusan partai," tuturnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Oats Untuk Kesehatan dan Kandungannya

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x