Tiga Penyakit yang Mengintai Hewan Kurban, Dinas KPKP DKI Jakarta Lakukan Pemeriksaan Jelang Idul Adha 2023

- 5 Juni 2023, 20:05 WIB
Hewan kurban dalam tempat penampungan./kominfo.jatimprov.go.id
Hewan kurban dalam tempat penampungan./kominfo.jatimprov.go.id /

GALAMEDIANEWS - Belakangan dijumpai beberapa penyakit yang marak mengintai hewan ternak di Indonesia. Menjelang Idul Adha 2023, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pemeriksaan untuk mewaspadai tiga penyakit yang bisa menyerang hewan kurban.

"Ada tiga penyakit yang kita waspadai. Pertama adalah antraks, kedua adalah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan ketiga adalah lumpy skin disease (LSD)," kata Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati dikutip Galamedianews.com dari Antara Senin, 5 Juni 2023.

Adapun penyakit antraks disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Penyakit ini ditandai dengan kulit korban yang berubah hitam.

Baca Juga: Dirjen HAM Gelar Audiensi Penilaian KPPHAM 2023, Kakanwil Kemenkumham Jabar: 27 Kabupaten Kota Peduli HAM

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Semarang Legendaris yang Masih Tetap Hits dan Viral Hingga Saat Ini

Kemudian, penyakit mulut dan kuku (PMK) disebabkan oleh virus dengan genus Aphthovirus dari famili Picornaviridae. Penyakit ini ditandai dengan munculnya luka di mulut dan kaki hewan, seperti sariawan di rongga mulut yaitu di gusi dan lidah, dan di sela-sela kuku kaki.

Sementara, penyakit lumpy skin diseases (LSD) ini disebabkan oleh virus pox. Penyakit ini dikenali dengan timbulnya benjolan pada kulit sapi, terutama pada bagian leher, punggung, dan perut.

Jika penyakit Antraks dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya. Suharini mengatakan, PMK dan LSD tidak termasuk penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

Guna mewaspadai ketiga penyakit tersebut, Dinas KPKP DKI terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban jelang Idul Adha 2023.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x