Pengungsi Konflik Ukraina Mencapai Lebih dari 8.2 Juta, Berikut Data dan Respon UNHCR

- 6 Juni 2023, 13:07 WIB
Pengungsi konflik Ukraina di Polandia.
Pengungsi konflik Ukraina di Polandia. /UNHCR/Anna Liminowicz/

GALAMEDIANEWS – Sudah lebih dari satu tahun sejak awal terjadinya konflik bersenjata antara Ukraina dan Rusia, konflik yang berkepanjangan ini tentunya akan menghasilkan kerugian besar bagi warga sipil yang akhirnya banyak yang memutuskan untuk meninggalkan wilayah Ukraina untuk mencari keamanan.

 

 

Berdasarkan data pengungsi terbaru yang dirilis oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) pada akhir Mei kemarin, pengungsi yang tercatat dari wilayah Ukraina mencapai angka 8.2 juta lebih.

5 juta diantaranya mendaftarkan diri dalam program perlindungan sementara yang diberikan UNHCR atau negara penerima pengungsi yang tergabung dalam program Regional Refugee Response Plan (RRP).

 

Negara tujuan dari mayoritas warga sipil yang mengungsi dari Ukraina masih didominasi oleh 3 negara yaitu Polandia, Jerman, dan Rusia, dimana tiga negara tersebut terhitung menampung pengungsi dengan jumlah diatas satu juta orang.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan UNHCR di beberapa negara penerima pengungsi, mayoritas dari pengungsi yang menjadi responden survey berasal dari wilayah Kiev, Kharkiv, dan Odessa. Pengungsi juga didominasi oleh kelompok perempuan dan anak-anak, dimana sekitar 4% pengungsi anak-anak terpisah dari orang tuanya.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: UNHCR.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x