Tren Penggunaannya Meningkat, Ketahui Berbagai Keuntungan Pakai Kendaraan Listrik di Indonesia

- 6 Juni 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi mobil listrik./ANTARA
Ilustrasi mobil listrik./ANTARA /

GALAMEDIANEWS - Belakangan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia kian meningkat, terlihat dari penjualan kendaraan listrik di Tokopedia yang naik signifikan hingga lebih dari 2 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

“Meningkatnya tren penggunaan kendaraan listrik didorong oleh berbagai infrastruktur penunjang, seperti tempat isi ulang daya serta kebijakan yang ramah pengguna kendaraan listrik,” kata Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra dikutip galamedianew dari Antara, Selasa, 6 Juni 2023.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bicara Soal Pilgub Jabar dan DKI Jakarta: Kami Sudah Sepakat...

Baca Juga: Ini Alasan Ridwan Kamil Cocok jadi Gubernur DKI Jakarta, Pilgub Jabar 2024 jadi Milik Dedi Mulyadi?

Leo menuturkan bahwa penggunaan kendaraan listrik memiliki berbagai keuntungan yang akan dirasakan oleh para penggunanya, yaitu:

1. Insentif dan subsidi pembelian kendaraan listrik

"Kelebihan mobil dan motor listrik sebagai alternatif kendaraan konvensional salah satunya mendapatkan insentif dan subsidi," kata Leo.

Pemerintah Indonesia memberikan insentif dan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik, yakni insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen terhadap pembelian mobil listrik dan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik. Hal ini guna mendorong penggunaan kendaraan listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan.

2. Bebas PKB dan BBNKB

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Berbagai Sumber


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x