Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023: Tema “Standar Makanan Menyelamatkan Nyawa” atau “Food Standards Save Lifes”

- 7 Juni 2023, 06:40 WIB
Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023: Tema “Standar Makanan Menyelamatkan Nyawa”
Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023: Tema “Standar Makanan Menyelamatkan Nyawa” /www.fao.org/

GALAMEDIANEWS - Empat peringatan Dunia Hari Keamanan Pangan yang telah diselenggarakan sejak 2019 – 2022 sejauh ini telah melihat pertumbuhan jumlah, dampak dan tingkat keterlibatan kegiatan.

Setiap orang dapat ikut serta berperan aktif dalam pencegahan penyakit bawaan makanan dan Hari Pangan Sedunia untuk mendukung program yang telah dibuat dan didedikasikan oleh para pembuat kebijakan, otoritas keamanan pangan, petani, juru masak, ilmuwan, dan konsumen, yang berarti kesadaran tentang keamanan pangan semakin meningkat.

Ketika kamu makan, bagaimana kamu tahu makanan kamu aman? Kamu mungkin telah mencuci tangan, bersihkan peralatan dapur dan masak makanan dengan suhu yang tepat.

Kamu mungkin pernah membaca label kemasan makanan untuk melihat bahan apa yang terkandung dalam produk tersebut. Dan mungkin tanpa disadari, kamu telah mempercayai semua orang yang terlibat dalam mengolah, mengemas, mendistribusikan dan menyiapkan makanan.

Baca Juga: Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Sejarah dan Maknanya

Kamu dapat makan tanpa takut akan jatuh sakit, dengan kata lain standar pangan membentuk landasan kepercayaan bagi kita semua. Standar keamanan adalah cara untuk memastikan keamanan dan kualitas.

Standar dapat dikembangkan oleh masing-masing pemerintah atau organisasi, atau oleh regional atau badan penetapan standar antar pemerintah.

Salah satunya keamanan dan kualitas pangan internasional badan standar penetapan adalah Codex Alimentarius Commision, atau disingkat Codex. Codex adalah tempat dimana perwakilan dari 188 Negara Anggota dan 1 Organisasi Anggota (Eropa Union) bekerjasama untuk memastikan makanan aman.

Pada 2023 tepatnya Codex berusia 60 tahun dan dirayakan dengan standar makanan untuk menentukan jalan menuju makanan yang aman untuk semua orang dimana saja.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: fao.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x