Masyarakat Jawa Barat Toleran dan Anti Kekerasan Ekstrem, Pemilu 2024 Diprediksi Aman

- 9 Juni 2023, 09:24 WIB
Ilustrasi  toleransi. Jawa Barat toleran dan anti kekerasan ekstrem menurut survei LSI.
Ilustrasi toleransi. Jawa Barat toleran dan anti kekerasan ekstrem menurut survei LSI. /Foto : Pixabay/JummyKU

GALAMEDIANEWS - Jawa Barat menjadi provinsi yang toleran dan anti kekerasan ekstrem dalam kehidupan sosial dan keberagamaan. Dampak dari kondisi itu, Pemilu 2024 pun diprediksi berjalan aman.

Dinyatakannya Jawa Barat sebagai provinsi yang toleran dan anti kekerasan merujuk pada hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait 'Kekerasan Ekstrem, Toleransi dalam Kehidupan Beragama di Jawa Barat'.

Baca Juga: NASKAH Khutbah Jumat Hari Ini: Golongan Manusia Sukses yang Allah Jaminkan Surga

Baca Juga: Cobain Deh! Resep Nasi Goreng Gila Keju Ala Devina Hermawan, Bikinnya Mudah dan Simpel

Ketua Peneliti LSI, Rizka Halida dalam Diseminasi Hasil Survei Nasional LSI menuturkan, dari hasil suvei yang dilakukan periode 16 - 29 Mei 2022, mayoritas masyarakat Jabar menolak kekerasan ekstrem oleh kelompok-kelompok tertentu.

"Mayoritas masyarakat Jabar menolak kekerasan ekstrem, namun juga masih ada kelompok masyarakat yang mendukung kekerasan ekstrem, seperti ingin ikut berperang atas nama agama ke negara-negara konflik," tuturnya, di Savoy Homann Bandung, Kamis, 8 Juni 2023.

Disebutkan Rizka, berdasarkan dari hasil survei berdasarkan kelompok umur, kebanyakan responden yang setuju kekerasan ekstrem dengan alasan membela agama dari kalangan kelompok umur remaja. Sedangkan kelompok umur dewasa dan lebih tua lagi tidak setuju.

Baca Juga: Resep Bakwan Buncis Simple ala Rudy Choirudin Cemilan Enak, Praktis, Ekonomis

"Data dari kalangan remaja yang setuju kekerasan ekstrem atas nama agama bisa mencapai 45 persen, makanya perlu dijadikan catatan penting dan perhatian terutama dari pemerintah, bahwa potensinya ada," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x