Marak Terjadi Kebakaran Pasar, Begini Langkah Pemadaman yang Efektif Taklukkan si Jago Merah  

- 9 Juni 2023, 21:06 WIB
Kebakaran di Pasar Induk Caringin Bandung./Tangkap layar Instagram @infokebakaranbdg
Kebakaran di Pasar Induk Caringin Bandung./Tangkap layar Instagram @infokebakaranbdg /

 

GALAMEDIANEWS – Kasus kebakaran pasar marak terjadi di Indonesia. Ditahun 2023 saja, tercatat sudah terjadi lebih dari lima kali kasus di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan beberapa pasar mengalami kasus tesebut berulang. Yang terbaru, terjadi pada Rabu, 7 Juni 2023, saat si Jago Merah melalap Pasar Induk Caringin Bandung.

Tak hanya menyebabkan kerugian berupa kerusakan wilayah pasar, kebakaran pasar juga menyebabkan dampak perekonomian yang sangat dirasakan, khususnya bagi para pedagang. Belum lagi dampak kasus kriminalitas yang dapat ditimbulkan.

Baca Juga: Diperlukan Audit Investigatif BPK untuk Program Jabar Masagi, Aa Maung: Ada Indikasi Kerugian Negara

Petugas kepolisian harus mengamankan lokasi karena adanya oknum tak bertanggung jawab yang melakukan penjarahan barang-barang pedagang yang tertinggal.

Pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berwenang menangani, seringkali kewalahan memadamkan amuk api. Beberapa faktor seperti kencangnya angin di lokasi kejadian  ataupun luas wilayah, menjadi tantangan kinerja Damkar menangani kebakaran pasar.

Selain itu. kerumunan massa yang ingin menyaksikan kejadian tersebut justru dapat mengganggu kinerja petugas Damkar. Untuk itu, masyarakat diimbau menghindar dari lokasi, agar jumlah kerugian pada kebakaran pasar.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: vincifire.com kiscerri.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x