Zelensky: Ukraina Memulai Serangan Balik Terhadap Pasukan Rusia

- 11 Juni 2023, 08:48 WIB
Zelenski Mengadakan Sesi Rapat Membahas Konflik Russia Ukraina
Zelenski Mengadakan Sesi Rapat Membahas Konflik Russia Ukraina /Twitter @ZelenskyyUa /

GALAMEDIANEWSPresiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan pada hari Sabtu bahwa negaranya telah memulai serangan balik terhadap pasukan Rusia.

"Angkatan bersenjata Ukraina telah melancarkan serangan balasan ke beberapa arah," kata Zelensky dalam sebuah pidato video. "Musuh menderita kerugian besar." Zelensky tidak merinci di mana serangan balik terjadi, tetapi dia mengatakan bahwa pasukan Ukraina membuat kemajuan di selatan dan timur negara itu.

"Kami tidak akan menyerahkan tanah kami," kata Zelensky. "Kami tidak akan menyerahkan orang-orang kami." Pengumuman serangan balik datang saat perang di Ukraina telah memasuki hari ke-100.

Pasukan Rusia telah memperoleh keuntungan yang signifikan di timur negara itu, tetapi mereka juga menderita kerugian besar.

Amerika Serikat dan sekutunya telah memberi Ukraina bantuan militer miliaran dolar, dan militer Ukraina telah mampu melakukan perlawanan yang sangat efektif.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Subang Jawa Barat, Cocok untuk Healing dengan Menikmati Keindahan Alam

Tidak jelas bagaimana serangan balik akan dimainkan, tetapi itu adalah tanda bahwa Ukraina tidak mau menyerah tanpa perlawanan.

Para Ahli Menimbang

Pakar militer mengatakan bahwa serangan balik Ukraina merupakan perkembangan yang signifikan, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah itu akan berhasil.

“Orang-orang Ukraina telah mampu melakukan perlawanan yang sangat efektif,” kata Michael Kofman, pakar militer Rusia di Pusat Analisis Angkatan Laut. "Tapi masih terlalu dini untuk mengatakan apakah mereka akan mampu mendorong Rusia kembali ke posisi sebelum perang."

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: bbc.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x