Ini Pesan dan Ajakan Menag pada Umat Muslim Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah

- 19 Agustus 2020, 10:25 WIB
MENTERI Agama Fachrul Razi.*
MENTERI Agama Fachrul Razi.* /dok

 

GALAMEDIA - Menyambut Tahub Baru Islam 1442 Hijriyah, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan sejumlah pesan kepada ummat Muslim Tanah Air. Salah satu pesannya mengajak umat Islam meneguhkan persatuan menuju Indonesia yang maju.

"Mari manfaatkan momentum 1 Muharram 1442 H untuk teguhkan persatuan menuju dan mewujudkan Indonesia maju," kata Menag kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2020.

Menag mengatakan tahun baru Hijriyah selalu mengingatkan umat Islam pada peristiwa bersejarah hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah.

Baca Juga: Usung Honda CA100T Trail 50 Tahun 1961, AHM Luncurkan Motor Bebek Trekking Honda CT125  

Semangat hijrah, kata dia, adalah berpindah dari keadaan yang tidak baik di suatu tempat ke tempat lain untuk menggapai keadaan yang lebih baik. Hal itu mengandung makna sangat tinggi bagi berbagai hal yang sama dalam kehidupan manusia.

"Dalam kehidupan nyata, hijrah bisa bermakna perpindahan dari kemungkaran kepada ketakwaan, dari keterbelakangan kepada kemajuan, dari yang mudarat kepada yang manfaat dan juga dari peradaban jahiliyah ke peradaban yang bermartabat," katanya.

Menurut Menag, ada beberapa makna penting yang bisa digali dari peringatan Tahun Baru Islam. Pertama, hijrah mengingatkan umat pada sikap istiqamah atau teguh pendirian yang diteladankan Nabi Muhammad SAW yang tetap berjuang menyebarkan Islam meski menghadapi berbagai rintangan, hambatan dan ancaman.

Baca Juga: Dirgahayu Provinsi Jawa Barat

Kedua, kata dia, hijrah cermin kecerdasan pemikiran Nabi Muhammad SAW dalam perjuangan dakwahnya menyebarkan agama Islam.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x