Inovasi Bidang Kesehatan Banyak Dikembangkan Perguruan Tinggi Membuat Kemendikbud Bangga

- 22 Agustus 2020, 11:20 WIB
Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, mengamati prototipe ventilator "VentAG 1103" yang dikembangkan tim ahli Prodi Fisika FMIPA UNS.
Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, mengamati prototipe ventilator "VentAG 1103" yang dikembangkan tim ahli Prodi Fisika FMIPA UNS. /


GALAMEDIA - Perguruan Tinggi berkontribusi besar saat Tanah Air dilanda pandemi Covid-19. Perguruan tinggi banyak melahirkan inovasi khususnya di bidang kesehatan.

"Dalam empat bulan terakhir, perguruan tinggi di Indonesia telah aktif melakukan berbagai inovasi. Berbagai penelitian dan pengembangan studi di bidang kesehatan, juga mitigasi pencegahan dan penanganan pasien Covid-19," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, dalam keterangan persnya, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Nizam berharap perguruan tinggi di Indonesia semakin meningkatkan kolaborasi baik dengan perguruan tinggi di dalam negeri, maupun luar negeri.

Baca Juga: BMKG Prakirakan Hujan Lebat dan Badai Akan Landa Sejumlah Wilayah di Indonesia pada Sabtu Ini

Seperti kolaborasi antara perguruan tinggi UK-Indonesia dalam mengembangkan penelitian dengan tujuan meningkatkan penanganan Covid-19.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi-perguruan tinggi UK-Indonesia, akan bersama melawan pandemi Covid-19, juga dapat melakukan penelitian gabungan yang akan bermanfaat bagi kedua negara. Perguruan tinggi sebagai mesin inovasi serta sumber daya manusia sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi kita dan mengembangkan masyarakat untuk hidup lebih baik," ungkap Nizam.

Baca Juga: MotoGP Seri BMW M GP Styria: Agenda Hari Ini Latihan Bebas dan Babak Kualifikasi

Dia menjelaskan, saat ini lebih dari sebelas jenis ventilator telah dikembangkan perguruan tinggi bersama pusat penelitian. Kemudian alat kesehatan tersebut telah digunakan oleh rumah sakit-rumah sakit untuk penanganan Covid-19.

"Selain itu juga, pengembangan vaksin Covid-19 masih terus dikembangkan," ungkap Nizam.

Tidak hanya itu, ribuan mahasiswa juga terlibat dalam kelompok relawan kemanusiaan. Salah satunya yaitu memberikan edukasi pada masyarakat.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x