Emil : Tidak Ada Lagi Zona Merah di Jabar pada Pekan Ini, Namun Angka Positivity Rate Belum Memenuhi

- 25 Agustus 2020, 16:41 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Jabar Tahun 2020 secara virtual, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (13/7/20). (Foto: Yogi P/Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Jabar Tahun 2020 secara virtual, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (13/7/20). (Foto: Yogi P/Humas Jabar) /

 

GALAMEDIA - Pekan ini tidak ada lagi kabupaten/kota di Jawa Barat yang berstatus zona merah atau risiko tinggi. Dari 27 kabupaten/kota se-Jabar, terdapat 17 daerah yang masuk ke dalam zona kuning (risiko rendah) dan 10 daerah zona oranye (risiko sedang).

Pada pekan sebelumnya, Kota Depok menjadi satu-satunya daerah berstatus zona merah di Jabar, sementara 14 daerah adalah zona kuning dan 12 daerah lainnya zona oranye.

“Status per minggu ini tidak ada zona merah di Jabar. Terakhir minggu lalu ada Kota Depok," kata Gubernur Jabar yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Ridwan Kamil usai memimpin rapat koordinasi mingguan Gugus Tugas Jabar di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa, 25 Agustus 2020.

Baca Juga: Tingkat Infeksi Meningkat 4 Kali Lipat, Resor Kaum Nudis Terbesar di Dunia Dilibas Virus Corona

Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, per 22 Agustus lalu, pihaknya pun berhasil menekan Angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 kembali di bawah angka 1, yakni 0,92. Sementara angka Rt rata-rata Jabar berdasarkan hitungan dari Bappenas RI ada di angka 1,01.

“(Rata-rata) angka reproduksi Covid-19 Jawa Barat ini termasuk yang rendah, karena berada di urutan 26 terendah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia,” kata Emil.

Gugus Tugas Jabar juga terus berupaya meningkatkan pengetesan melalui uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) hingga Selasa (25/8) pukul 14:00 WIB, terdapat 203.306 tes PCR yang telah dilakukan di Jabar.

Baca Juga: Asupan Nutrisi Terus Dipantau, para Pemain Persib Bandung boleh Cheating Day

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x