Gagal Bikin Pertamina Mentereng, Ahok Disarankan Pulang ke Belitung

- 26 Agustus 2020, 12:56 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. /Warta Ekonomi//Warta Ekonomi

GALAMEDIA - PT Pertamina mencatat kerugian sebesar Rp 11,13 triliun pada Semester I-2020. Keberadaan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina dinilai tak memberikan pengaruh besar.

Pakar politik dan hukum dari Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam pun ikut angkat bicara. Dengan melihat kondisi Pertamina sekarang yang cenderung gagal berprestasi, ia pun menyarankan agar Ahok pulang kampung ke Belitung.

Alasannya, kata Saiful, semula pemerintah berharap banyak dengan masuknya Ahok mengurus Pertamina. Pemerintah pastinya berharap Pertamina semakin tumbuh dan maju.

Baca Juga: Amien Rais: Gedung Kejagung Sengaja Dibakar 'Orang Dalam' Atas Perintah MTC

"Dengan adanya Ahok pasti pemerintah berharap Pertamina makin maju, bertambah pemasukan dan makin dipercaya baik di Indonesia maupun Internasional," terang Saiful kepada wartawan, Rabu, 26 Agustus 2020.

Tetapi kenyataan di lapangan berbicara lain. Keberadaan Ahok yang pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta ini dinilainya belum memberikan sumbangsih berarti.

Menurut Saiful, ekspektasi pemerintah dan publik ternyata tak terpenuhi. Terbukti, pada semester I-2020, Pertamina mengalami kerugian mencapai 767,92 juta dolar AS.

Baca Juga: Usai Penangkapan 2 Tersangka, Polisi Kembali Ciduk Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Tak cuma itu, Pertamina juga tidak lagi masuk dalam daftar fortune global 500, seperti tahun-tahun sebelumnya. Menurut Saiful, Ahok sudah terlambat untuk memperbaiki Pertamina.

"Ini mestinya menjadi perhatian bagi Jokowi untuk menilai dengan objektif Ahok dalam posisi dan kedudukannya sebagai Komisaris Utama Pertamina," kata Saiful dilansir wartaekonomi.co.id.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x