Tips Merawat Kuku dengan 7 Bahan Alami

- 8 Agustus 2023, 20:52 WIB
Ilustrasi tips merawat kuku
Ilustrasi tips merawat kuku /Pixabay/
 

GALAMEDIANEWS - Kuku adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang tumbuh di ujung jari, kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut, penuh urat saraf, dan mempertinggi gaya sentuh.

Namun tidak jarang kuku mudah patah dan rapuh, maka dari itu kita perlu menjaga kesehatan serta merawat kelembaban kuku.

Kamu bisa menjaga dan merawat kuku dengan menggunakan bahan - bahan alami lho, berikut tips dan cara penggunaannya seperti yang dilansir oleh Galamedianews dari kanal YouTube @KunciSehat

1. Minyak Zaitun

Kandungan yang ada pada minyak zaitun bermanfaat memperkuat jaringan pada kuku lho, sehingga mampu menjaga kesehatan kuku. Cara menggunakannya pun mudah, cukup menghangatkan minyak zaitun dan oleskan menggunakan cotton bud. Diamkan 15 - 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk, lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

2. Air Lemon

Lemon mengandung vitamin C tinggi yang berguna untuk menutrisi kuku dan menguatkan serta mengembalikan warna kuku yang menguning menjadi cerah dan bening, lemon juga mengandung vitamin B kalium, magnesium, zat besi, dan potasium yang baik untuk kuku. Campurkan perasan air lemon dan air dingin, lalu rendam selama 2 - 3 menit.

Baca Juga: Tips Live Streaming: 6 Tips Jualan agar Menarik Jutaan Pembeli di Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada!

3. Belimbing Wuluh

Buah berwarna hijau dan asam ini rupanya mampu mengatasi kerapuhan kuku akibat oenggunaan kutek. Gosokkan belimbing wuluh pada kuku kemudian biarkan kandungan asam dari belimbing wuluh ini bekerja membersihkan kuku, diamkan selama 10 - 20 menit, lakukan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

4. Lidah Buaya

Kemudian selain menggunakan minyak zaitun, air lemon, dan belimbing wuluh ternyata minyak zaitun dipercaya mampu membuat kuku lebih berkilau dan tampak sehat. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan lidah buaya yang sudah dibersihkan terlebih dahulu lalu mengoleskannya ke seluruh kuku secara merata. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hangat.

5. Bawang Putih

Bahan yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata bisa digunakan untuk merawat kuku menjadi lebih kuat dan mempercepat pertumbuhan kuku, hal ini di karenakan selenium yang dikandung oleh bawang putih serta antioksidan yang berfungsi menghilangkan racun yang ada di dalam kuku. Oleskan cairan bawang putih pada kuku tunggu hingga 30 menit, untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Anak di tengah Cuaca Ekstrem

6. Madu dan Cuka Apel

Madu dan cuka apel telah terbukti memiliki manfaat antivirus, antiragi, dan antijkamur, semuanya membantu mendukung keseimbangan mikrobioma. Mampu memperkuat kuku yang rapuh dengan mencampur satu sendok makan cuka apel, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Ulangi seminggu sekali untuk kutikula dan kuku yang kuat dan sehat.

7. Garam

Garam mampu membunuh bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan bau tidak sedap pada kuku dengan merendam kuku di air garam kurang lebih selama 10 menit. Kuku kaki akan ternutrisi dengan larutan zodium sehingga akan lebih kuat dan berkilau serta mengurangi risiko terjadinya infeksi jaringan lipatan di sekitar kuku.***

Editor: Lina Lutan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah