Puluhan Desa di Purwakarta Harus Bersiap Hadapi Kekeringan

- 27 Agustus 2020, 11:52 WIB
Ilustrasi Kekeringan.
Ilustrasi Kekeringan. /PRFM

GALAMEDIA - Puluhan desa di Purwakarta rawan kekeringan. Karenanya Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mulai melakukan antisipasi bencana tersebut.

"Kami sudah mulai memonitor puluhan desa yang rawan kekeringan. Ini berkaitan dengan ancaman kesulitan air bersih," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) setempat Wahyu Wibisono, di Purwakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.

Menurutnya, kesulitan air bersih menjadi salah satu persoalan yang seringkali menghantui sebagian besar masyarakat saat musim kemarau.

Baca Juga: Kasus Korupsi di PT DI, KPK Periksa Tiga Pensiunan TNI AD

Dari hasil pemetaan, ada puluhan desa yang tersebar di 10 kecamatan rawan kekeringan.

"Data tersebut, merupakan hasil pemetaan tahun lalu saat terjadi krisis air bersih. Makanya, di musim kemarau ini desa-desa itu yang paling diwaspadai," katanya seperti dilansirkan Antara.

Data itu menjadi rujukan untuk meminimalisasi kerugian dampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini. "Alhamdulillah, pada musim kemarau tahun ini kami belum menerima laporan adanya warga yang mengalami kekurangan air bersih,” katanya.

Baca Juga: Insentif Petugas Pemulasaraan di Tasikmalaya Belum Turun, Dinkes Janjikan Pekan Ini Cair

Untuk upaya yang akan dilakukan jika terjadi krisis air bersih, di antaranya memberikan bantuan jangka pendek berupa pengiriman air bersih. Dalam hal ini, pihaknya telah melakukan kordinasi lintas instansi, termasuk dengan Perusahaan Daerah Air Minum setempat.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x