Tingginya Angka Perceraian Dipengaruhi Kualitas Pembinaan Pendidikan pra Nikah

- 27 Agustus 2020, 20:59 WIB
ILUSTRASI perceraian.*/percikaniman.id
ILUSTRASI perceraian.*/percikaniman.id /

GALAMEDIA - Angka perceraian yang terjadi selama Pandemi Covid-19 cukup tinggi di sejumlah wilayah di Jawa Barat, seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Pemicu perceraian tersebut, karena persoalan ekonomi dan pernikahan di usia dini. 

Melihat hal tersebut, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan menilai tingginya angka perceraian dipengaruhi oleh kualitas pembinaan pendidikan pra-nikah. Selain persoalan ekonomi yang terjadi sebagai dampak penyebaran Covid-19. 

Menurut Tedy tingginya angka perceraian, sudah terjadi sebelum adanya pandemi di Indonesia. Dimana faktor ekonomi menjadi salah satu penyebab terjadinya keretakan di dalam rumah tangga. 

Baca Juga: Deklalator KAMI Tampar Balik Megawati Soekarnoputri, Gatot Nurmantyo Buka-bukaan Soal Nyapres

"Sebelum pandemi, angka perceraian juga cukup tinggi karena faktor ekonomi dan masalah lainnya. Maka dengan pembinaan pra nikah yang bagus, seberat apapun masalah rumah tangga dapat dilalui oleh keluarga tersebut," ungkapnya di Hotel Papandayan, Jln. Gatot-Subroto, Bandung, Kamis 27 Agustus 2020. 

Oleh karena itu, pandemi Covid-19 tidak bisa dijadikan patokan sebagai penyebab meningkatnya angka perceraian di Kota Bandung. 

Terkait pemberian pemahaman dan pendidikan pra nikah, bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah melalui Kantor Urusan Agama (KUA) saja, tetapi juga menjadi urusan semua pihak. Terrmasuk lingkungan keluarga masing-masing pasangan, sebelum melaksanakan pernikahan.

Baca Juga: Ini Motif Lima Remaja Pelaku Pencabutan Bendera Merah Putih di Kabupaten Garut

"Maka kami mendorong semua pihak, termasuk Kementerian Agama Kota Bandung dan Pemkot Bandung melalui dinas terkait, agar dapat terus meningkatkan upaya pembinaan dan pendidikan pra nikah. Seperti program parenting dan lain sebagainya," terangnya. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x