Ini Tiga Langkah Memajukan UMKM Menurut Gubernur Bank Indonesia

- 28 Agustus 2020, 11:17 WIB
Ilustrasi produk UMKM.
Ilustrasi produk UMKM. /PIXABAY/StockSnap


GALAMEDIA - Ada tiga langkah untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai kekuatan baru ekonomi dalam negeri di era digital sekaligus mendorong pemulihan ekonomi dampak COVID-19. Ketiga kunci itu ialah bagaimana mendorong kreativitas, digitalisasi dan sinergi.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, saat membuka Karya Kreatif Indonesia 2020 di Jakarta, Jumat, 28 Agustus 2020 menuturkan, kreativitas diperlukan untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk UMKM tidak hanya dari sisi harga dan kuantitas produksi tetapi juga peran para pejabat negara baik pusat dan daerah memanfaatkan produk UMKM.

“Kalau pemimpin bangsa, menteri, gubernur, presiden semua memakai binaan UMKM, kuncinya adalah value added yang kemudian menjadi sumber pertumbuhan baru,” katanya seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: Pakar Sebut Mengonsumsi Daging Merah Tingkatkan Imunitas Tubuh

Untuk menghasilkan nilai tambah, lanjut dia, pelaku UMKM perlu dibina dari sisi produksi, kewirausahaan, pemasaran, keuangan dan juga membentuk klaster atau kelompok usaha.

Belanja pemerintah, juga perlu didorong dan diarahkan untuk membeli produk-produk dalam negeri khususnya dari UMKM sejalan dengan kampanye Bangga Buatan Indonesia.

Kedua, adalah digitalisasi yang dilakukan dengan digitalisasi sistem pembayaran dan promosi atau pemasaran secara digital.

Baca Juga: Novel Baswedan Positif Covid-19, Akui Sempat Demam dan Batuk-batuk

Langkah ketiga memajukan UMKM adalah sinergi semua pihak dari pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pengembangan UMKM salah satunya melalui Karya Kreatif Indonesia yang tahun ini memasuki kegiatan kelima.

Pada masa pandemi COVID-19, pemerintah melakukan sejumlah upaya salah satunya dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

UMKM, menjadi salah satu sektor yang diharapkan berkontribusi memulihkan perekonomian setelah merosot akibat virus Corona.

Baca Juga: Pertamina Penyok, Erick Thohir Pastikan Takkan 'Mengusir' Ahok

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM berkontribusi sekitar 60 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia dengan menyerap 97 persen tenaga kerja.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x