Pemprov Jabar Dukung Gerakan Pramuka untuk Membangun Bangsa

- 29 Agustus 2020, 19:49 WIB
Wakil Gubernur Jabar yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 di Aula Sekretariat Kwartir Daerah Jabar, Kota Bandung, Jumat 28 Agustus 2020. (Foto: Humas Jabar)
Wakil Gubernur Jabar yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 di Aula Sekretariat Kwartir Daerah Jabar, Kota Bandung, Jumat 28 Agustus 2020. (Foto: Humas Jabar) /


 
GALAMEDIA - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar di Aula Sekretariat Kwartir Daerah Jabar, Kota Bandung, Jumat 28 Agustus 2020 lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka dari 27 kota/ kabupaten se-Jabar secara virtual.

Sementara peserta yang hadir langsung di Aula Sekretariat Kwarda Jabar adalah 50 persen dari kapasitas gedung dengan mengikuti protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Baca Juga: Erwin Ramdani Brace, Tim Abu-abu Tekuk Tim Biru 5-2

Kak Uu --merujuk sapaan dalam Pramuka-- mengatakan, setiap pergerakan Pramuka selalu mengandung nilai gotong royong dan kebersamaan. Hal itu menjadi kunci meningkatkan kekuatan dalam upaya mewujudkan cira-cita.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jabar siap mendukung program Pramuka di Jabar demi membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berkualitas.

"Pramuka bukan pendidikan tekstual tapi kontekstual, setiap gerakannya selalu mengandung filosofi yang tinggi," kata Kak Uu.

Baca Juga: Gegara Covid-19, Trump International Hotel di Vancouver Bangkrut

"Pemerintah Provinsi Jabar siap bersinergi dengan gerakan Pramuka, khususnya di bidang kepemudaan," tambahnya.

Uu mengapresiasi kerja nyata Gerakan Pramuka Jabar di masa pandemi global Covid-19, mulai dari penyemprotan disinfektan ke rumah warga, pembuatan fasilitas protokol kesehatan bagi publik, serta pembagian pangan dan gerakan kerelawanan lainnya terkait pandemi.

"Saya yakin para Pramuka mengerjakan semuanya dengan sukarela dan ikhlas. Inilah nilai luhur yang terbentuk dari gerakan Pramuka," ucap Kak Uu.

Pada peringatan Hari Pramuka tahun ini di tengah pandemi, Kwarda Jabar mengembalikan dana hibah berjumlah Rp1 miliar dari Pemprov Jabar untuk mendukung percepatan penanggulangan Covid-19.

Baca Juga: Rayakan 25 Tahun Berkarir di Musik, Melly - Anto Hoed Luncurkan Album Argentium

"Kami kembalikan anggaran Rp1 miliar kepada pemerintah sebagai bentuk dukungan dan bantuan gerakan Pramuka kepada pemerintah untuk dipergunakan bagi penanganan Covid-19 di Jabar," tutur Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Dede Yusuf Macan Effendi.

Selain itu, di masa pandemi, Dede berujar bahwa Gerakan Pramuka Jabar melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud karakter pramuka yaitu kerelawanan dan pengabdian masyarakat.

"Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kami juga membentuk unit gugus tugas. Tim kami telah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat publik, sampai sekarang pun masih dilakukan," kata Dede.

Baca Juga: Ungkap Senjata Penghangcur Negara, Menhan Prabowo Subianto Ingatkan Ancaman Perang di Masa Mendatang

"Kemudian, pembagian masker bekerja sama dengan Kwarcab. Kami juga membuka dapur umum," tambahnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x