Anak Jalanan di Cimahi Masih Miliki Semangat untuk Menimba Ilmu

- 30 Agustus 2020, 15:33 WIB
Anak jalanan di Kota Cimahi mengikuti kegiatan belajar, Minggu, 30 Agustus 2020. (Laksmi Sri Sundari/galamedianews)
Anak jalanan di Kota Cimahi mengikuti kegiatan belajar, Minggu, 30 Agustus 2020. (Laksmi Sri Sundari/galamedianews) /

GALAMEDIA - Hiruk-pikuk suasana Alun-alun Kota Cimahi tak menyurutkan semangat anak-anak jalanan (Anjal) untuk terus belajar. Mereka tampak serius mendengarkan penjelasan yang disampaikan mentor.

Di sela-sela kesibukan mengamen, mengasong, atau bahkan mengemis berjuang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, mereka menyempatkan diri untuk tetap belajar.

Kegiatan belajar mengajar seperti ini telah mereka lakoni sejak dua bulan terakhir. Adalah Rose Else, instruktur yang biasa memimpin senam ibu-ibu di Alun-alun Kota Cimahi tiap Minggu yang peka dengan keberadaan anjal di area alun-alun ini.

Dia memiliki gagasan untuk memberikan ilmu pengetahuannya pada anjal yang rata-rata putus sekolah.

Baca Juga: TNI AD Gandeng BNN, Pelaku Penyerangan Polsek Ciracas Konsumsi Narkoba?

"Saya lihat anjal, ajak mengobrol, kemudian tahu bagaimana pendidikannya. Dari situ saya ingin berbagi, kebetulan saya punya ilmu," kata Rose, Minggu, 30 Agustus 2020.

Rose yang juga Ketua Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) Kota Cimahi lantas mengajak teman-temannya untuk ikut mengajar anjal. Sekolah anjal pun hadir di Alun-alun Kota Cimahi.

"Sudah dua bulan ini berjalan. Saya dibantu anggota dari Gercin, ada yang instruktur, guru, owner rias pengantin, macam-macam, kami saling membantu," katanya.

Sekolah anjal tersebut, terang Rose, digelar empat kali dalam seminggu. Setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, dari jam 08.00 sampai jam 12.00 WIB.

Baca Juga: Lindungi Pemain, Askot PSSI Kota Bandung Buat Kartu Keanggotaan Online

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x