Hari Ini Pertambahan Pasien Covid-19 Masih Tinggi, Waspadai Penularan Virus di Rumah Makan

- 30 Agustus 2020, 15:44 WIB
Ilustrasi Virus Corona*/Pixabay.com
Ilustrasi Virus Corona*/Pixabay.com /


GALAMEDIA - Pertambahan Pasien positif Covid-19 (virus corona) di Indonesia hari ini Ahad 30 Agustus 2020 masih tinggi. Kali ini jumlahnya sebanyak 2.858 orang sehingga totalnya mencapai 172.053 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 124.185 di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan 7.343 orang telah meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona. Data tersebut diunggah di situs covid19.go.id dan kemkes.go.id.

Jumlah orang yang sembuh bertambah 1.383 dari hari sebelumnya. Sementara pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi covid-19 bertambah 82 orang.

Baca Juga: TNI AD Gandeng BNN, Pelaku Penyerangan Polsek Ciracas Konsumsi Narkoba?

Pemerintah masih terus mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Terutama ketika beraktivitas di area publik. Tentu guna menekan laju penularan virus corona.

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan memakai masker. Hal-hal tersebut bisa meminimalisir penularan virus corona.

Demi kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pemerintah ingin memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar. Sanksi diatur dalam Inpres No. 6 tahun 2020.

Baca Juga: TNI Siap Ganti Rugi dari Mulai Biaya Pengobatan Hingga Mengganti Barang yang Rusak di Polsek Ciracas

Seperti diketahui virus corona menular melalui droplet dari seseorang yang terinfeksi.

Merangkum dari Global News, cara lain Covid-19 dapat menyebar adalah melalui kontak permukaan.

Ketika seseorang yang terinfeksi virus corona batuk atau bersin, tetesannya bisa jatuh ke permukaan di sekitarnya.

Saat berbagi makanan di restoran, tetesan batuk dan bersin tersebut mungkin saja mengenai makanan, piring, alat makan, atau meja.

Baca Juga: Merasa Berhak Terima BLT Rp 600 Ribu per Bulan Tapi Tak Dapat, Begini Kata Menaker Ida Fauziyah

Jika tak sengaja menyentuh permukaan yang terkena tetesan tersebut lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata; maka ia bisa tertular Covid-19.

Melansir dari Mayo Clinic, jika khawatir mengenai penyebaran virus corona melalui permukaan alat makan di restoran, dapat mencoba melakukan take away.

Sebagai langkah pencegahan penularan virus ini, cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir setelah memegang bungkus makanan.

Baca Juga: Mudah Mendapat Pertolongan Allah, Amalkan Dzikir Usai Melaksanakan Sholat

Lalu, pindahkan makanan ke piring bersih di rumah dan gunakan peralatan yang bersih.

Cuci tangan lagi sebelum makan. Selanjutnya, segera buang bungkus makanan dan bersihkan dan disinfeksi semua permukaan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x