Pohon Kurma Ternyata Bisa Tumbuh di Kabupaten Bandung Barat

- 31 Agustus 2020, 18:57 WIB
Pohon kurma tumbuh di Kab. Bandung Barat. (Dicky Mawardi)
Pohon kurma tumbuh di Kab. Bandung Barat. (Dicky Mawardi) /

GALAMEDIA - Pohon kurma identik dengan Timur Tengah atau wilayah gurun pasir. Selama ini muncul kesan begitu sulit tumbuh di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Tapi itu cerita dulu. Kini, mulai banyak orang menanam pohon kurma dan banyak yang berhasil berbuah. Seperti di Kecamatan Padalarang, sebuah pohon kurma yang ditanam pengembang Kompleks Perumahan Kota Bali sudah mengeluarkan buah.

Di antara deretan pohon kurma yang tumbuh di sepanjang jalan menuju gerbang kompleks perumahan ada satu pohon yang sudah berbuah.

Baca Juga: Masyarakat Sulit Mengubah Kebiasaan Makan Nasi ke Pangan Alternatif

Satu-satunya, pohon kurma yang berbuah cukup mengundang perhatian masyarakat yang melintas. Buahnya cukup lebat, namun sayangnya banyak berjatuhan.

Salah seorang warga, Agus Tri Haryanto (43) mengaku, seumur hidupnya baru pertama kali melihat pohon kurma berbuah. Sempat ia pegang buah khas Timur Tengah tersebut, namun masih keras.

"Awalnya saya enggak tahu kalau pohon tempat saya berteduh adalah pohon kurma. Pas saya lihat ke bawah banyak buah kurma yang jatuh," kata Agus warga Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Senin, 31 Agustus 2020.

Baca Juga: Tagar #BetrandBukanAnakPungut Trending Topic Twitter, Andre Taulany Jadi Sasaran Tembak

Hanya saja buah kurma yang berserakan di bawah pohonnya itu sudah mengering. Sementara yang masih menempel sebagian besar buahnya masih kuning kecoklatan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X