Geliat UMKM Dapat Menggairahkan Perekonomian di Kota Bandung

- 3 September 2020, 17:19 WIB
ILUSTRASI UMKM yang memproduksi roti.&
ILUSTRASI UMKM yang memproduksi roti.& /ANTARA

GALAMEDIA - Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung, Hasan Faozi menilai kembali menggeliatnya para pelaku UMKM, dapat menggairahkan kembali roda perekonomian di Kota Bandung.

Menurutnya, dalam mengantisipasi merosotnya laju pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, maka pemerintah harus segera melakukan antisipasi. Namun upaya tersebut harus juga didukung oleh berbagai pihak, terutama sektor industri dan usaha.

"Jadi saat ini bukan melihat siapa yang diprioritaskan, tapi bagaimana semua dapat berjalan beriringan dalam membangkitan kembali sektor ekonomi di Kota Bandung, akibat pandemi Covid-19," ungkapnya di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Kamis, 3 September 2020.

Baca Juga: Premium Bakal Dihapus, PKS: Pemerintah Tak Peka, Rakyat Butuh Bantuan Bukan Justru Dibebani

Dikatakannya, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap menurunnya perekonomian di masyarakat, bahkan banyak perusahaan besar yang telah berdiri puluhan tahun mengalami kebangkrutan hingga merumahkan pekerjanya.

"Perusahaan-perusahaan besar tersebut telah berdiri puluhan tahun, tapi dengan pandemi yang terjadi beberapa bulan terakhir ini sampai membuat mereka gulung tikar. Tapi berbeda dengan pelaku usaha mikro, yang bisa tetap beraktivitas dan bertahan walau ditengah pandemi ini, meski mengalami penurunan," tuturnya.

Ia menerangkan, pelaku usaha mikro, seperti pedagang gorengan, warung klontong dan pedagang lainnya dengan transaksi lebih kecil, masih mampu bertahan ditengah pendemi Covid-19.

Baca Juga: Jamu Tira Persikabo, Dia Pemain Persib Vizcarra dan Castillion Belum Dipastikan Turun

Oleh karena itu, pihaknya mendorong Pemkot Bandung untuk dapat mempersiapkan skema atau strategi yang tepat serta cepat, dalam memperbaiki kondisi ekonomi saat ini. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung dapat semakin membaik, walau harus secara bertahap.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x