Blak-Blakan Fadli Zon Minta Menteri Agama Fachrul Razi Diganti, Pernyataannya Kerap Kontroversial

- 4 September 2020, 09:39 WIB
Menteri Agama, Fachrul Razi: Fachrul Razi tegaskan akan memecat PNS di Kemenag RI bila ketahuan ada yang radikal, penegasan ini dilontarkan dalam pesan ancaman.
Menteri Agama, Fachrul Razi: Fachrul Razi tegaskan akan memecat PNS di Kemenag RI bila ketahuan ada yang radikal, penegasan ini dilontarkan dalam pesan ancaman. /Dok. Kemenag/Fkusuma



GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta anggota DPR RI Fadli Zon untuk mengganti Menteri Agama Fachrul Razi. Soalnya pernyataannya sering kontroversial sehingga terjadi polemik di kalangan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Fadli Zon melalui akun Twitter miliknya @fadlizon. Fadli Zon blak-blakan meminta agar Jokowi segera mengganti Fachrul Razi.

"Sebaiknya menteri ini diganti saja pak @Jokowi," kata Fadli seperti dikutip Jumat 4 September 2020.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menilai pernyataan-pernyataan Fachrul Razi seringkali menjadi polemik.

Baca Juga: Cari Pendukung Melawan China, Amerika Serikat Bikin Huru-Hara di Wilayah Asia Tenggara

Pernyataan-pernyataan tersebut tak jarang menimbulkan kecurigaan, salah paham hingga paling parah adalah islamophobia.

Oleh karena itulah, Fadli Zon mengusulkan kepada Jokowi untuk segera mengganti Fachrul Razi dari jabatannya sebagai Menteri Agama.

"Menteri Agama ini pernyataan-pernyataannya sering menimbulkan kecurigaan, salah paham, perselisihan atau malah islamophobia," ungkap Fadli.

Baca Juga: Hari Ini Ketua KPK Firli Bahuri Jalani Sidang

Pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi yang menyebutkan cara masuk paham radikalisme ke lingkungan masjid, pemerintahan, BUMN, serta masyarakat, gampang sekali.

Di antaranya, menaruh orang berpaham radikal yang memiliki level penguasaan Bahasa Arab bagus dan hafal Al-Qur'an atau disebut Fachrul Razi "anak good looking."

Dengan demikian, orang tersebut dapat dengan mudah diterima lingkungan, kemudian mulai mempengaruhi.

Fachrul berharap agar kewaspadaan terhadap masuknya paham radikalisme ditingkatkan. Pernyataan Fachrul Razi kemudian mendapatkan tanggapan dari sejumlah pihak.

Sosiolog dari Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar berharap pernyataan Fachrul Razi itu salah kutip.

Baca Juga: Menag Ngaku Pernah Dengar Khotbah Menakutkan, Program Penceramah Bersertifikat Kembali Digulirkan

"Semoga pernyataan Menag salah kutip. Sebaiknya kita dorong anak-anak bangsa kita good looking bukan bad looking. Kalau ada radikalisme, harus dicari akar masalahnya. Saya yakin akar masalahnya adalah ketidakadilan. Alquran menyuruh kita utk memperjuangkan tegaknya keadilan," kata Musni Umar melalui akun Twitter @musniumar.

Sedangkan mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring yang disampaikan melalui akun Twitter @tifsembiring mengusulkan agar Fachrul Razi mengajak masyarakat berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu, ketimbang menebar kecurigaan kepada orang sholeh.

"Pak Menag, usul: ajak masyarakat mendekatkan diri kepada Allah dan berdoa agar bebas dari corona. Daripada curiga sama orang-orang sholeh, hafidz Alquran, cingkrang dan lain-lain..." katanya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x