Kebakaran Hebat di Otista Bandung, Warga Sempat Mendengar Suara Aneh

- 6 September 2020, 23:06 WIB
Petugas pemadam kebakaran saat sedang menyemprotkan api di lokasi kebakaran di Jalan otista, Kota Bandung, Ahad, 6 September 2020 malam. (Twitter@kebakaranbdg)
Petugas pemadam kebakaran saat sedang menyemprotkan api di lokasi kebakaran di Jalan otista, Kota Bandung, Ahad, 6 September 2020 malam. (Twitter@kebakaranbdg) /

GALAMEDIA - Kebakaran hebat terjadi di Jalan Otto Iskandardinata, Ahad 6 Agustus 2020 sekitar pukul 20.00 WIB melanda kawasan Tegallega, Kota Bandung. Belasan bangunan terdiri dari ruko dan rumah hangus terbakar.

"Sekarang lagi proses pendinginan. Untuk api sudah padam," ucap Kasi Rescue Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Yogi Mamesa.

Ia menyebutkan, peristiwa itu melanda ruko-ruko yang berada di kawasan Tegalega. Ia mengaku belum mengetahui jumlah pasti ruko yang hangus terbakar.

Baca Juga: Kejutan Terjadi di F1 GP Italia 2020: Hamilton Ketiban Sial, Gasly Raih Juara

"Ruko yang terbakar jumlahnya belum pasti. Tapi yang pasti ada toko pakaian sama onderdil," katanya.

Sementara Ketua RW 02 Kelurahan Pelindung Hewan, Dani Ramdani mengaku sempat terdengar suara aneh yang diduga akibat dari korsleting listrik menimbulkan percikan api.

"Tadi warga sempat dengar peperepetan listrik pinggir warung kelontongan di salah satu ruko," ujarnya di lokasi kejadian.

Baca Juga: Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman Miliki Kekayaan 16 Kali Lebih Tinggi dari Kerajaan Inggris

Mengetahui kejadian tersebut, kata dia, warga langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Bandung. Selang 5 menit petugas langsung datang ke lokasi.

Menurutnya, saat kejadian seluruh bangunan yang terbakar dalam keadaan tutup. Bahkan, warga terpaksa mendobrak dua ruko untuk menyelamatkan barang serta memadamkan api karena membesar.

"Api semakin awet karena ada gudang kayu dan belakang gudang pakaian cimol. Lebih kurang 8 ruko terbakar dan beberapa rumah," katanya.

Baca Juga: Heboh, Ustaz Abdul Somad Antarkan Pasangan Calon Pimpinan Daerah Daftar ke KPU

Dia menjelaskan, hampir sebagian barang-barang di beberapa bangunan yang terbakar tidak dapat diselamatkan. Apalagi gudang pakaian cimol seluruhnya habis dilalap api.

Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan DPKPB Kota Bandung, Yusuf Hidayat, mengatakan sebanyak 15 mobil damkar datang ke lokasi yang berasal dari UPT timur, utara, selatan, dan barat.

Pihaknya belum bisa memastikan dari mana api berasal termasuk kerugian hingga jumlah bangunan yang terbakar.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x