Hubungi Vladimir Putin, Raja Salman Tertarik Produksi Vaksin Covid-19 asal Rusia

- 8 September 2020, 00:05 WIB
Raja Salman bin Abdulaziz bersama Presiden Vladimir Putin.
Raja Salman bin Abdulaziz bersama Presiden Vladimir Putin. /

GALAMEDIA - Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memilih vaksin asal Rusia, yakni Sputnik V dibanding produk lainnya. Raja Arab Saudi ini berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon membahas kemungkinan memproduksi vaksin Covid-19 bersama.

Pada awal Agustus, Rusia menghebohkan dunia dengan mengumumkan sebagai negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin Covid-19. Vaksin itu diberi nama Sputnik V.

Rusia juga mengklaim lebih dari 1 miliar dosis telah dipesan sebelumnya oleh 20 negara, termasuk Arab Saudi.

Baca Juga: Pertanggungjawaban APBN 2019 Aman, Sri Mulyani Siap Tindak Lanjuti Berbagai Rekomendasi

Otoritas Rusia menggelontorkan dana besar dan menyebut Arab Saudi sebagai salah satu negara yang tertarik membeli vaksin tersebut, bahkan memproduksinya.

Kremlin menyatakan, Presiden Putin dan Raja Salman, Senin 7 September 2020, membahas upaya kerja sama bertujuan untuk mengatasi dampak negatif dari pandemi virus corona. Keinginan itu datang dari Arab Saudi.

"Perhatian khusus diberikan pada perspektif produksi bersama vaksin yang dikembangkan oleh Rusia," demikian pernyataan Kremlin, seperti dilaporkan kembali AFP.

Baca Juga: Suhu Udara Cenderung Panas, BMKG Ungkap Perkembangan Musim Kemarau di Indonesia

Disebutkan pula, kedua pihak membahas harga minyak dunia. Rusia dan Arab Saudi akan terus berkoordinasi secara erat untuk memastikan harga minyak stabil.

Harga minyak mentah turun selama sepekan terakhir karena para pedagang mempertimbangkan prospek permintaan jangka panjang dampak dari pandemi Covid-19.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x